Soal Pemindahan Bandara SSK II , Gubri Serahkan Pada Tim Kemenhub

Bandara-Sultan-Syarif-Kasim-II-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI akan menurunkan tim ke Riau untuk melakukan kajian terkait rencana pemindahan Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Tim inilah yang nanti menetapkan daerah mana yang layak untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan bandara yang baru.

"Pak menteri (Budi Karya) sudah menugaskan staf ahli menteri untuk segara turun ke Riau. Nanti staf ahli inilah yang akan membawa tim ke Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar usai mengisi acara di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (3/7/2019).

Wacana pemindahan bandara SSK II Pekanbaru berawal dari usulan Walikota Pekanbaru kepada pihak pemprov Riau. Salah satu alasan kenapa bandara SSK II Pekanbaru harus dipindahkan adalah terkait lokasi bandara yang ada saat ini sulit untuk dikembangkan. Sebab lahan yang ada di bandara SSK II Pekanbaru saat ini terbatas. Selain itu, Bandara SSK II Pekanbaru lokasinya juga berada di tengah kota dan dekat dengan permukiman pada penduduk.

"Bandara yang ada saat ini tidak bisa dikembangkan lagi, termasuk masalah lahan dan perkembangan kota, makanya pak walikota mengusulkan ke kami agar bandara yang ada saat ini direlokasi," kata Syamsuar.

Meski wacana relokasi bandara SSK II terus mencuat, namun ke daerah mana nantinya bandara SSK II ini akan dipindahkan, Syamsuar tidak ingin tergesa-gesa untuk menjawabnya. Ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada kepada tim yang nanti akan melakukan kajian ke Riau.

"Belum, bersabar ajalah, itu nanti ada kajiannya, tim yang melakukan kajian itulah nanti yang menentukan, " kata Syamsuar. (*)