Geger! Pria di Pasir Putih Temukan Granat Nenas "Aktif" dalam Tumpukan Sirtu

Granat-Nenas.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat sekitar Jalan Raya Pasir Putih, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar geger dengan temuan Manik, seorang karyawan yang bekerja sebagai pemecah batu di PT. Citra Hokiyana Triutama. Pria ini menemukan satu buah granat nenas yang ada di tumpukan material pasir dan batu (sirtu) di lokasi kerjanya.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 8 September 2017, granat tersebut tampak sudah berkarat. Beberapa bagian dari peledak tersebut juga diselimuti oleh sisa-sisa pasir tambang yang berwarna kuning. Akan tetapi, polisi menduga bahwa peledak ini masih aktif.

Selain menghebohkan seisi perusahaannya, penemuan itu juga sempat menghebohkan warga sekitar Jalan Raya Pasir Putih tak jauh dari Stasiun Pengisian Bahab Bakar Umum (SPBU) Desa Pasir Putih, tempat penemuan granat yang berbentuk dengan nanas ini.


Polisi yang mendapatkan laporan atas kejadian ini langsung menurunkan Tim Jihandak yang langsung dari Brimob Polda Riau.

Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa mengatakan bahwa penemuan granat ini terjadi tanpa sengaja.

"Berdasarkan keterangan saksi (Manik) dirinya yang pertama kali menemukannya. Saat memilih batu untuk dimasukkan ke dalam alat pemecah batu, terlihat olehnya sebuah granat dalam tumpukan batu dan pasir," bebernya.

Usai diselamatkan oleh Manik, barang berbahaya ini diambil dan dibawa ke depan kantor PT Citra. Oleh rekannya, langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Siak Hulu dan diteruskan ke Brimob Polda Riau.