Fakta Unik. Ini Kesamaan Antara Yunani Dengan Indonesia

Acropolis-of-Athens.jpg
(ISTIMEWA/Instagram @ajakanak_)

 

RIAU ONLINE - Yunani ternyata memiliki kesamaan dengan Indonesia. Tidak hanya dilihat dari nilai sejarahnya saja. Namun hampir dari semua sisi.

Berikut kesamaan yang ada di Yunani jika dibandingkan dengan Indonesia:

Pertama. Peninggalan budaya dan alam sama-sama dimiliki oleh ke-dua negara ini. Yunani misalnya. Bangsa Yunani dikatakan sebagai salah satu peradaban manusia tertua.

Athena, Sparta, dan Thebes adalah sebagian kecil dari ratusan kerajaan negara, kota yang sampai saat ini masih terus dipelajari dari warisan peninggalan budaya mereka.

Sementara Indonesia, berbagai kerajaan besar lahir pada masanya. seperti Kutai, Majapahit, Sriwijaya dan Samudera Pasai. Tak kalah dengan Yunani, bangsa ini juga memiliki berbagai macam warisan peninggalan budaya.

Kemudian sama-sama memiliki banyaknya tarian tradisional. Diperkirakan untuk saat ini lebih dari 4.000 tarian tradisional ada di Yunani. Yang terkenal seperti Sirtaki, Hasapiko, dan Kalamatianos.

Sedangkan Indonesia memiliki 1.592 tarian. Indonesia juga pernah menampilkan tariannya di Yunani seperti Tari Randai, Tari Merak, dan Tari Saman.

Selanjutnya sama-sama memiliki keanekaragaman hayati. Yunani merupakan negara terkaya untuk keanekaragaman hayati (biodiversity) di Eropa. Khususnya dalam hal varietas tanaman herbal dan obat endemik.

Bahkan merupakan negara kedua terkaya di dunia setelah Madagaskar. Belum lagi keanekaragaman hayati hutannya terkaya di Eropa. Akibat dari beragamnya pengaruh iklim.

Sementara Indonesia, dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia dan merupakan satu dari 17 negara mega biodiversity.

Indonesia juga disebut memiliki 17 persen total keanekaragaman hayati dunia. Hutan Indonesia merupakan tempat hidup 13 persen mamalia dunia, 14 persen spesies reptil dan amfibi, 17 persen spesies burung dan lebih dari 10.000 spesies pohon.

Terakhir sama-sama memiliki ribuan pulau. Tercatat, Yunani memiliki 6.000 pulau dengan 227 pulau yang dihuni. Pulau-pulau tersebut tersebar di Laut Aegea dan Laut Ionia. Dari 16.000 km garis pantai negara itu, 7.500 km berasal dari pulau-pulau tersebut.

Sedangkan Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan Pulau Kalimantan sebagai pulau terbesar. Sama dengan Yunani, pulau di Indonesia juga menjadi tujuan favorit wisatawan seperti Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Tulisan ini pertama tayang di kumparan.com dengan judul 4 Kemiripan Yunani dan Indonesia