Aktual, Independen dan Terpercaya


2019, Garuda dan Citilink Sediakan Internet Gratis di Pesawat

Pesawat-Garuda-Indonesia-Airways.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Selama ini kita dilarang menyalakan handphone atau perangkat pintar saat berada di dalam pesawat terbang. Salah satu alasan, sinyal perangkat kita bisa mengganggu sinyal navigasi penerbangan.

Lalu bagaimana dengan koneksi internet?

Ternyata,koneksi internet di dalam pesawat tidak membahayakan penerbangan. Hal ini dikatakan Direktur Utama Mahata Aero Tekhnologi (Mahata), M Fitriansyah di Jakarta, Rabu 14 November 2018.

Mahata adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet di pesawat-pesawat Garuda dan Citilink.

"Pastinya kami mengikuti peraturan dan perundangan yang berlaku. Tentu saja layanan internet dalam pesawat ini aman digunakan di dalam penerbangan," ujar Fitriansyah.

Dia mengatakan alat yang digunakan untuk menyediakan layanan internet gratis di Garuda Indonesia dan Citilink telah disertifikasi. Garuda Indonesia Group akan menyediakan layanan internet gratis di dalam pesawat untuk seluruh penerbangan mulai 2019.

Untuk menyediakan fasilitas internet gratis di dalam pesawat, Garuda Indonesia Group melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan.

GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

"Tapi memang layanan internet ini aman digunakan ketika berada di ketinggian 3.000 kaki," jelas dia.

Dia menjelaskan bahwa penumpang harus tetap mematikan ponsel dan menghidupkan mode pesawat. Para penumpang akan diberikan layanan gratis internet hingga 50 Mbps. Jika telah melewati batas maksimum, maka ada opsi yang diberikan.

Tulisan ini sudah tayang di Suara.com dengan judul "Internet dalam Pesawat Tak Bahayakan Penerbangan"

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id