Keren, Festival Budaya Riau Ini Bakal Masuk Kalender 100 Wonderful Events Indonesia

Bakar-Tongkang-di-Rokan-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman menyebutkan akan menambah satu festival budaya untuk bumi Lancang Kuning yang nantinya akan mengisi Kalender 100 Wonderful Events Indonesia.

Kegiatan tahunan budaya itu ialah festival perang air atau Cian Cui dalam rangka menyambut datangnya Imlek di Kepulauan Meranti.

"Tahun depan Cian Cui juga kita harapkan akan bisa masuk untuk mengisi Kalender 100 Wonderful Events Indonesia selain festival lainnya yang kita miliki," katanya Kamis, 28 Juni 2018.


Pasalnya, festival tradisi warga keturunan Tionhoa ini mampu menghadirkan 30-40 ribu wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

"Luar biasa Cian Cui ini. Kemarin saja (Festival Perang Air di Selatpanjang, Senin 19 Februari 2018) mampu mendatangkan 30-40 ribu wisatawan," jelasnya.

Sehingga jika festival ini bisa dimasukkan ke dalam kalender 100 Wonderful Events Indonesia, dipastikannya akan lebih membangkitkan perputaran ekonomi di Riau bahkan Indonesia.

"Kalau mau tahu nggak perlu susah-susah. Lihat saja tingkat kunjungan dan lama tinggal. Itu berimbas pada pergerakan ekonomi," tegasnya.

Selain berencana memasukkan Cian Cui, sebelumnya festival budaya yang dimiliki oleh Riau seperti Bakar Tongkang, Pacu Jalur dan Bono surving telah masuk ke dalam Kalender 100 Wonderful Events Indonesia.