Aktual, Independen dan Terpercaya


Dalam Tiga Hari, Istana Siak Dikunjungi Lebih dari 25 Ribu Orang

Pengunjung-Istana-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI)

 

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Puluhan ribu orang dari berbagai wilayah, dari dalam kabupaten dan luar kota mengunjungi objek wisata sejarah Istana Siak di Kota Siak Sri Indrapura, Senin, 18 Juni 2018.

Kehadiran mereka di Kota Siak Sri Indrapura selain jalan-jalan, juga ada yang memanfaatkan waktu libur lebaran Idul Fitri 1439 hijriah bersama keluarga. Puluhan ribu pengunjung ini tampak ramai sejak hari lebaran kedua, tepatnya Sabtu hingga Senin kemarin.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Ekraf Kabupaten Siak Arie Darmawan saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID mengatakan sejak Lebaran kedua, atau Sabtu hingga Senin total jumlah pengunjung yang masuk ke Istana Siak mencapai 25.681 orang.

"Keramaian ini di mulai sejak dua lebaran Sabtu lalu, untuk hari Sabtu jumlah pengunjung Istana Siak berjumlah 7.777, hari Minggu 10.704, sedangkan hari Senin berjumlah 7.200 orang yang total keseluruhannya selama tiga hari berjumlah 25.681 ribu orang," terang Arie Darmawan.

Dikatakan Arie, di Kabupaten Siak terdapat sejumlah objek wisata yang layak untuk didatangi yang pada waktu bersamaan juga ramai dikunjungi wisatawan. Seperti eko wisata Bungaraya, Danau Naga Sakti di Pusako, dan juga wisata Alam Hutan Mangrove Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit. Namun, Istana Siak menjadi yang paling ramai dikunjungi.

Pengunjung Istana Siak2RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI

"Kita memiliki objek wisata alam, pemandangan dan wisata sejarah dalam waktu yang bersamaan objek tersebut juga di kunjungi oleh wisatawan namun Istana Siak tetap menjadi favorit untuk dikunjungi wisatawan," paparnya.

Pengunjung Istana Siak3RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI

Dari total jumlah pengunjung tersebut, puncak keramaian pengunjung masuk Istana Siak adalah terjadi pada Minggu. Menurutnya, keramaian ini diperkirakan terus terlihat hingga berakhirnya libur bersama kerja kantor dan libur anak sekolah.

Sementara itu Ketua Komonitas Generasi Pesona Indonesia Kabupaten Siak Paula Chandra mengatakan, libur lebaran pada 2018 ini, jumlah kunjungan wisata ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Siak mengalami peningkatan. Ini ditandai dari hasil laporan kelompok sadar wisata dan pengelola tempat wisata yang diterimanya, kehadiran pengunjung meningkat dari tahun lalu.

Paula menambahkan, peningkatan jumlah pengunjung ada di beberapa objek wisata seperti, objek wisata Hutan Mangrove Desa Rawa Mekar Jaya, Sungai Apit selama tiga hari berturut, dari hari kedua lebaran atau Sabtu hingga Senin sudah dikunjungi 4.650 orang pengunjung. Sedangkan jumlah pengunjung Agro Wisata Bungaraya pada lebaran kedua hingga Minggu mencapai 2.300 orang pengunjung.

“Kita sangat berharap setiap tahunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Siak mengalami peningkatan, karena sangat dirasakan dampak ekonominya bagi para pedagang dan masyarakat setempat,” pungkas Paula Chandra.