Aktual, Independen dan Terpercaya


Pilihan Transportasi Mudik Berdasarkan Kenyamanannya

Transportasi.jpg
(ANTARA)

RIAU ONLINEMusim mudik sebentar lagi tiba, saatnya kita pulang dan merayakan hari suci lebaran bersama keluarga tercinta. Apalagi jika kamu adalah perantau, lebaran adalah saat yang tepat untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu keluarga. Karena mudik sudah merupakan budaya yang mengakar pada masyarakat Indonesia, setiap tahunnya puluhan ribu pemudik akan berbondong-bondong memadati transportasi umum. 

Karena banyaknya pemudik tersebut, biasanya pemerintah akan menambah armada khusus pada saat musim mudik tiba. Untuk kamu yang tahun ini baru pertama kali mudik, berikut ini adalah peringkat pilihan transportasi mudik berdasarkan kenyamanannya.

1. Pesawat
Tentu saja pesawat menduduki peringkat pertama dalam daftar ini. Mudik ke manapun tidak akan terasa berat jika kamu naik pesawat. Meski kampung halamanmu berada di luar pulau pun hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Selain itu biaya tiket pesawat kini juga tidak terpaut jauh dibandingkan dengan sarana transportasi lain. Yang menjadi kekurangannya adalah, tidak seperti tiket bus, kamu harus membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

2. Kereta Api
Jika kamu mengejar ketepatan waktu dan harga yang murah, mudik dengan kereta api adalah pilihan yang pas buatmu. Fasilitas di dalam kereta api juga semakin ke sini semakin bagus dan lengkap. Jadi kamu bisa mendapat kenyamanan sekaligus ketepatan waktu jika menaiki transportasi ini. Yang menjadi kekurangannya adalah, biasanya saat menjelang mudik tiket kereta api sudah ludes terjual dari tiga bulan sebelum lebaran. Stasiun kereta pun dipadati pemudik yang membuat keamanan sedikit berkurang saat hendak memasuki kereta.

3. Bus
Bus merupakan alternatif yang bisa kamu gunakan ketika kehabisan tiket pesawat dan tiket kereta api. Tenang saja, armada bus saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu kok. Bahkan ada banyak bus yang menyediakan fasilitas mewah dengan harga tiket bus yang terjangkau. Malas berangkat ke kantor PO untuk memesan tiket bus? Tenang, kini pembelian tiket bus bisa dilakukan melalui aplikasi Traveloka. Kamu tinggal memasukkan data dan memilih bus mana yang ingin kamu tumpangi.

4. Kendaraan Pribadi
Kendaraan pribadi banyak digunakan para pemudik saat hendak pulang ke kampung halaman. Sebenarnya pilihan ini kurang begitu diunggulkan dibandingkan transportasi yang lain. Karena membawa kendaraan pribadi saat perjalanan jauh justru akan meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya. Selain itu, lelah karena membawa kendaraan pribadi akan lebih terasa dibandingkan dengan naik transportasi umum.

5. Kapal Laut
Jika kamu berasal dari luar pulau Jawa, alternatif berikutnya adalah dengan naik kapal laut untuk mudik. Transportasi ini sudah sedikit kehilangan gaungnya karena waktu tempuh yang dibutuhkan jauh lebih lama dibandingkan dengan pesawat. Pelabuhan  pun biasanya akan penuh sesak oleh para pemudik sehingga membuat kenyamanan berkurang.

Peringkat tersebut dibuat berdasarkan waktu tempuh, biaya, ketersediaan, serta kemudahan mendapatkannya. Lalu, transportasi mana nih yang akan kamu gunakan untuk mudik nanti?