Aktual, Independen dan Terpercaya


Meriahnya Bakar Tongkang di Bagan, Sedot 52 Ribu Wisatawan

Festival-Bakar-Tongkang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPIAPI - Festival Bakar Tongkarng 2017, Minggu, 11 Juni 2017, mampu menarik wisatawan nusantara untuk berkunjung ke Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) sebanyak 30 ribu orang. Sedangkan wisatawan mancanegara (Wisman) mencapai 22 ribu orang. 

Bakar tongkang merupakan upacara yang diselenggarakan oleh para perantauan China di negeri Rantau, Bagansiapiapi, sejak 1883. Iven wisata tersebut berlangsung selama dua hari, 10-11 Juni 2017 ini.

Selama dua hari penyelenggaraan, dihadiri Ketua DPR RI Setya Novanto, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Deputi Bidang Pemasaran Pariwista Nusantara Esthy Reko Astuti, Bupati Rokan Hilir Suyatno dan pejabat undangan yang turut hadir lainya.

Baca Juga: Wow, Istana Siak Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Yuk Dukung

"Data sementara dihimpun Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Rokan Hilir, wisatawan datang 52 ribu orang, terdiri dari 30 ribu wisnus 22 ribu wisman dan ini sudah melebihi kunjungan wisatwan tahun sebelumnya 47 ribu orang," kata Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Festival Bakar Tongkang, Bagansiapiapi

 

Untuk data sementara jumlah wisatawan datang ke acara ini, 52 ribu orang dan jumlah ini sudah melebihi jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2016 lalu.

Festival Bakar Tongkang, Bagansiapiapi

Fahmizal menyampaikan, saat ini Riau sedang semangat-semangatnya menjadikan daerahnya sebagai destinasi wisata kelas dunia. Dinas dipimpinnya juga gencar melakukan promosi wisata dan mencari dana ke pusat melalui APBN guna pembangunan infrastruktur di Riau. 

Lihat Juga: Sungai Gulamo, Green Canyonnya Riau Ini Ada Di Kampar

Pada iven Festival Bakar Tongkan 2017 ini, replika tiang layar tongkang yang dibakar jatuh ke arah laut.

Festival Bakar Tongkang, Bagansiapiapi

Menurut kepercayaan warga China Bagansiapiapi, kemana arah tiang itu menunjukan keselamatan dan peruntungan usaha serta mata pencarian lebih baik atau lebih banyak datangnya dari laut. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline