Wah, Hotel Terbaik di Dunia ada di Indonesia

Hotel-No-1-di-dunia.jpg
(KOMPAS.COM/DOK. NIHIWATU)

RIAU ONLINE - Majalah wisata bergengsi yang berbasis di Amerika Serikat mendapuk sebuah hotel di Indonesia, tepatnya di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai hotel terbaik di dunia tahun 2016.

Nihiwatu didaulat sebagai hotel terbaik nomor 1 oleh majalah wisata Travel+Leisure, dari ajang "World's Best Travel Awards 2016" dan mengalahkan deretan hotel mewah sekelas di Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, serta Ekuador dan Cile.

Lalu, apa yang membuat hotel ini begitu istimewa dibandingkan hotel-hotel bergengsi lainnya?

Dilansir dari KOMPAS.COM, Nihiwatu berada di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Hotel ini menggabungkan kemewahan dengan budaya lokal.

Managing Partner Nihiwatu, James McBride menjelaskan Nihiwatu dibangun dengan rekam jejak georgrafis yang kuat, ruang gerak yang sangat luas hingga memungkinkan para tamu untuk berkelana di keliaran alam Sumba.

"Kami memperluas pemahaman kami sebagai 'resor surgawi', dan kini telah menciptakan sebuah destinasi yang memiliki rekam jejak geografi yang kuat," katanya.

Kegiatan social responsibilty yang dilakukan pihak hotel bersama para tamunya membuat hotel ini paling berbeda dengan hotel-hotel lainnya.

(KOMPAS/DOK. NIHIWATU)


Nihiwatu mempekerjakan 90 warga lokal dan hebatnya, sebagian dari keuntungan Nihiwatu disumbangkan ke Yayasan Sumba (Sumba Foundation) yang dipelopori oleh pendiri Nihiwatu, Claude Graves dan Sean Downs pada 2001.

Vila tiga kamar yang dimiliki Nihiwatu (KOMPAS/DOK. NIHIWATU)

Nihiwatu memiliki vila tiga kamar berbentuk rumah pohon yang terletak di atas tebing, menghadap langsung Samudera Hindia. Selain itu, ada lebih dari 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi serta pemandangan indah ke Pantai Nihi.

(KOMPAS/DOK.NIHIWATU)

Para tamu hotel ini dapat menikmati berbagai aktivitas dari fasilitas yang disediakan. Mulai dari paket "safari spa" seharian penuh sampai eksplorasi pulau.

Selain itu, para tamu juga bisa trekking menuju beberapa air terjun tersembunyi, pesawahan yang indah, juga desa lokal dan desa seniman. Ada pula piknik makan siang komplit dengan jamuan kelapa segar yang baru jatuh dari pohon.

Tidak jauh dari Nihiwatu terdapat private beach bernama Occy's Left. Ini adalah sebuah surf spot ternama di kalangan peselancar profesional. Tempat berselancar yang jauh dari hiruk pikuk Canggu, Suluban, dan pantai-pantai mainstream lainnya di Bali.

Para tamu juga santai sambil memancing di laut lepas, snorkeling, juga spearfishing dan tentunya bersama staf profesional. Saat sunset, tamu akan diajak menikmati terbenamnya matahari dengan naik kuda di pesisir pantai.

Di sinilah Anda dapat menginap dengan mewah dan nyaman, sekaligus secara langsung membantu komunitas lokal.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline