Aktual, Independen dan Terpercaya


Ternyata di Riau Ada Festival Pantai di Pulau Rupat

Pantai-Rupat-Bengkalis.jpg
(RIAU.GO.ID)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kalangan pengusaha jasa pariwisata di Provinsi Riau mendukung penuh penyelenggaraan Festival Pantai Rupat Kabupaten Bengkalis sebagai agenda tahunan.

 

Ketua Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Riau Dede Firmansyah mengatakan kegiatan ini adalah upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal dan mancanegara ke Riau.

 

“Kegiatan ini tahunan dan diselenggarakan pemda dalam hal ini Rupat Bengkalis, untuk tahun ini dilaksanakan pada 16-17 Juli nanti, tentu diharapkan akan ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri,” kata Dede, Kamis, 14 Juli 2016. 

 

Dede menjelaskan, festival ini akan diisi beragam kegiatan budaya dan atraksi yang dilakukan oleh masyarakat setempat, mulai dari atraksi seni tradisional hingga modern.

 

Di antaranya, parade boat hias, pacu boat pancung, wind surfing, mencari kerang kepah, panjat pinang tradisional di atas pasir pantai, jalan santai di pantai, hingga atraksi khusus Zapin Api.

 

Baca Juga: Dua Tahun Lagi, Akses ke Muara Takus Makin Gampang

 

Asita, tuturnya, menargetkan kunjungan wisatawan dari kalangan lokal, khususnya di Riau. Untuk dari luar negeri yang diharapkan adalah wisatawan asal Malaysia dan Singapura, yang masih satu rumpun budaya Melayu.

 

“Kami targetkan adalah wisatawan nusantara atau domestik, sementara yang mancanegara kami harapkan dari Malaysia dan Singapura karena masih satu rumpun Melayu. Kegiatan ini sudah masuk tahun ketiga penyelenggaraannya,” katanya.

 

Menurut data pemda Riau, kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu pada tahun lalu mencapai 52.000 kunjungan, serta ada 4,5 kunjungan wisatawan nusantara atau domestik.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline