Ini 10 Bandar Udara Terbaik di Dunia Tahun Ini

Suasana-Bandara-Changi-Singapura.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bandara Changi, Singapura, kembali terpillih sebagai “Bandar Udara Terbaik Dunia” oleh para pelancong untuk keempatkalinya, selama empat tahun berturut-turut pada 2016 World Airport Awards, diselenggarakan di Passenger Terminal EXPO di Cologne, Jerman. Ini adalah ke-7 kalinya Changi memenangkan penghargaan sebagai ‘Bandar Udara Terbaik Dunia’.

 

Terpilih sebagai ‘Bandar Udara Terbaik Dunia’ oleh para pelancong selama empat tahun berturut-turut sebuah pencapaian luar biasa bagi Bandara Changi Singapura.

 

Ini merupakan bukti akan popularitas Bandara Changi di antara para pelancong udara. Changi terus berinovasi dalam pilihan produk dan layanan bagi konsumen, dan fokus dalam membuat pengalaman pengunjung di bandara semenyenangkan dan senyaman mungkin.

 

Baca Juga: Dalam Hal Kunjungan Wisata, Indonesia Kalah Dibanding Singapura

 

Terpilih oleh para pelancong mancanegara sebagai bandara favorit dunia untuk ke-6 kalinya dalam 10 tahun terakhir adalah penghargaan besar bukan saja bagi manajemen Bandara Changi. "Namun juga bagi seluruh staf di setiap bagian di bandara ini yang turut berkontribusi dalam operasional Bandara Changi,” ujar CEO dari Skytrax, Edward Plaisted.

 

Selain sebagai bandara terbaik dunia, Bandara Changi juga menerima penghargaan sebagai ‘Bandara Terbaik untuk Fasilitas Rekreasi’. Fasilitas rekreasi ini termasuk music bar lounge, bioskop, music deck, kolam renang, area istirahat dan tidur, serta hotel transit di dalam terminal.

 

Bandara Changi Singapura

 


Pelancong yang memiliki waktu lebih juga bisa menikmati tur keliling Singapura. Pilihan serta ketersediaan fasilitias rekreasi dan hiburan ini adalah fitur unik dan menarik dari Bandara Changi. Itulah yang menegaskan komitmen bandara dalam memuaskan para pelanggan.

 

CEO Changi Airport Group, Mr Lee Seow Hiang, mengatakan, terpilih sebagai ‘World’s Best Airport’ oleh Skytrax empat tahun berturut-turut merupakan keberhasilan signifikan bagi Bandara Changi.

 

"Ini merupakan bukti betapa kami terus berusaha unggul dalam memberikan pelayanan terbaik. Penghargaan ini sangat berharga bagi kami, ini adalah hasil dari usaha dan komitmen luar biasa dari seluruh komunitas bandara yang mendorong keberhasilan Changi. Kami berterima kasih kepada para penumpang dan mitra kerja atas dukungan dan kepercayaan yang tiada henti kepada kami," katanya. 

 

World Airport Awards atau Penghargaan Bandara Terbaik di Dunia adalah penghargaan paling prestisius di industri bandara. Dipilih paling banyak pelanggan dalam sebuah survei kepuasan pelanggan mengenai bandara di seluruh dunia.

 

Klik Juga: Ironis, Minyak Dari Perut Indonesia Dibeli Dari Singapura

 

Proses survei dan pemberian penghargaan dilakukan secara independen dan bebas dari pengaruh bandara manapun, ataupun interferensi dalam hasil akhir.

 

World Airport Awards 2016 didasarkan pada nominasi dari 13,25 juta pelanggan dari 106 kewarganegaraan para pelancong udara, dan melibatkan 550 bandar udara di seluruh dunia. Survei ini mengevaluasi kepuasan pelanggan dengan 39 indikator kinerja utama (Key Performance Indicator) untuk layanan dan produk bandara, mulai check-in, kedatangan, transfer, belanja, keamananan dan imigrasi, hingga gerbang keberangkatan.

 

Selain Changi, berikut adalah 10 bandara udara terbaik di dunia pada tahun 2016:

1. Singapore Changi Airport

2. Incheon International Airport

3. Munich Airport

4. Tokyo International Airport (Haneda)

5. Hong Kong International Airport

6. Chūbu Centrair Nagoya

7. Zurich Airport

8. London Heathrow Airport

9. Kansai International Airport

10. Hamad International Airport

(Elizabeth Swanti)