Inilah 8 Tempat Religi Ramai Dikunjungi Penduduk Dunia

Masjid-Al-Aqsa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Ratusan juta penduduk dunia berkunjung melakukan ibadah dan ziarah ke tempat-tempat religius ini. Kadangkala, tak hanya untuk ibadah saja, malah tempat-tempat itu dijadikan tujuan populer wisatawan. 

 

Inilah delapan tempat ibadah yang banyak dikunjungi dilanasir dari dw.com: 

 

Mekkah

Kota suci Mekkah terletak di Arab Saudi dan menjadi tempat lahir Nabi Muhammad. Sekarang jadi kota metropolitan dengan penduduk dua juta orang. Jumlah populasi biasanya bertambah tiga kali lipat selama musim Haji. Ka'bah di Masjid al-Haram, yang merupakan mesjid terbesar dunia, menjadi tujuan utama ziarah di kota itu.

 

Kakbah di Mekkah, Arab Saudi

 

Madinah

Selain Mekkah, Madinah di Arab Saudi juga jadi tempat suci yang banyak dikunjungi umat Islam. Madinah adalah lokasi dimana Nabi Muhammad dimakamkan. Seperti halnya di Mekkah, di Medinah lokasi religius di pusat kota hanya boleh dikunjungi kaum Muslim.

 

Masjid Nabawi, Madinah

 

Basilika Santo Petrus di Vatikan
Katedral megah ini adalah lokasi tahta suci pemimpin gereja Katolik Roma. Gereja berlokasi di Vatikan, negara independen yang berada di Roma, ibukota Italia. Bangunan gereja didesain sekelompok arsitek, termasuk Michelangelo, dan secara universal dianggap salah satu bangunan paling mengagumkan di dunia.


 

Gereja Basilika Santo Petrus, Vatikan

 

Tanah Suci Yang Mulia (Temple Mount)


Apa yang dikenal sebagai "tanah suci yang mulia" terletak di area yang dikenal dengan sebutan Temple Mount di kota Yerusalem. Bangunan tempat ibadah yang asli dihancurkan sekitar 70 SM. Lokasi ini menjadi tempat suci bagi tiga agama: Kristen, Islam dan Yahudi.

 

Masjidil Aqsa, Palestina

 

Katedral Canterbury

Katedral ini bagi pemeluk Kristen Anglikan ibaratnya Basilika Santo Petrus bagi umat Kristen Katolik. Gereja ini berdiri di kota Canterbury, dan didirikan tahun 597 SM. Bentuknya yang sekarang sudah hampir berusia 1.000 tahun. Di samping katedral, kota Canterbury punya lokasi religius lain yang juga banyak dikunjungi peziarah.

 

Katedral Canterbury

 

Sungai Gangga
Bagi umat Hindu, mandi di sungai Gangga secara simbolis menjadi pemurnian batin. Sungai itu diberi nama berdasarkan seorang dewi dalam Hindu. Sungai Gangga membentang dari dataran tinggi Himalaya hingga Teluk Bengal di Bangladesh. Sungai itu penting tidak hanya dari segi keagamaan melainkan juga ekonomi. Sayangnya sekarang jadi sungai paling tercemar di dunia. Foto: kota Varanasi, India.

 

Sungai Gangga, India

 

Gunung Fuji

Gunung di Jepang ini jadi lokasi spiritual signifikan bagi pemeluk agama Buddha dan Shinto. Gunung Fuji dinyatakan sebagai warisan budaya dunia UNESCO tahun 2013. Selama ratusan tahun, gunung ini telah menarik jutaan peziarah dan pengunjung yang terpesona pada kecantikannya yang mencerminkan ketenangan. Fuji adalah satu dari tiga gunung suci di Jepang, di samping Haku dan Tate.

 

Gunung Fuji, Jepang

 

Fatima di Portugal

Kota di Portugal ini sebelumnya diremehkan oleh peziarah Katolik. Hingga tahun 1917 ketika beberapa warga kota kecil itu menyatakan melihat penampakan Santa Maria, ibu Yesus. Setelahnya dilaporkan Maria menampakkan diri kepada lebih banyak orang, dan sejak itu Fatima menjadi salah satu lokasi ziarah Katolik yang paling penting.

 

Fatima, Portugal