Aktual, Independen dan Terpercaya


Dua Titik Karhutla di Bengkalis, Petugas Berjibaku Padamkan Api

karhutla-bengkalis.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan kembali muncul di Kabupaten Bengkalis. Peristiwa itu terjadi, Jumat 19 Juli 2019 di dua titik lokasi berbeda.

Dikarenakan sumber air yang sulit pemadaman dilakukan juga melalui udara dengan menurunkan water bombing milik BNPB.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudaris menyebut karhutla terjadi di dua titik diantaranya Kecamatan Rupat dan Bathin Solapan.

Kecamatan Rupat terjadi di lahan pemukiman milik masyarakat Desa/Kelurahan: Jl. Pu RT 06/RW 04 Dusun 02 Pangkalan Durian, Desa Darul aman Kecamatan Rupat, Perbatasan antara PT Priatama.

"Kebakaran di Kecamatan Rupat terjadi di lahan kosong semak belukar sehingga meluas sebagian perkebunan sawit milik masyarakat," terang Tajul Mudoris dalam keterangan tertulisnya diterima RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 19 Juli 2019 petang.

Ia mengatakan saat ini tim pemadam masih dalam upaya pemadaman yang masih mengeluarkan asap.

"Pemadaman sulit dilakukakan karena sumber air di sana yang sulit sehingga pemadaman juga dilakukan melalui udara water bombing milik BNPB," ujarnya.

Selanjutnya, di Kecamtan Bathin Solapan terjadi kebakaran lahan kosong atau semak belukar dengan status lahan darat atau lahan kosong.

"Lokasinya Jl Belading RT 05/RW03, Desa Petani Kecamatan, Bathin Solapan. Kini, Alhamdulillah sudah dapat dipadamkan dan anggota terus melaksanakan kegiatan rutin pelaporan dan pemantauan," pungkas Tajul.