Aktual, Independen dan Terpercaya


Mi Sagu Basah. Kuliner Anti Diabetes Khas Bengkalis

Mi-sagu-basah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ Andrias)

Laporan: ANDRIAS

 

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Jika anda berkunjung ke Kota Bengkalis, jangan lewatkan mencicipi mi sagu basah yang banyak disajikan di berbagai kedai-kedai makanan di Kota Terubuk ini.

Memiliki tekstur kenyal dan gurih, sehingga mi ini begitu tepat mendapatkan gelar sebagai masakan melayu Bengkalis sejati.

Digoreng layaknya mie sagu kebanyakan yang penyajiannya menggunakan minyak, sebagai pembedanya ditambahkan air agar teksturnya menjadi basah.

Tambahan air juga membuat mi sagu menjadi lebih kenyal dan gurih. Belum lagi bahan pelengkap seperti udang dan telur. Menambah kenikmatan bagi para pecinta panganan berbahan dasar sagu ini.

Juru masak Kedai Kopi Hari Ini, Mimi Azura membeberkan resep rahasia mi sagu basah buatan mereka agar saat dimasak mengeluarkan aroma yang menggoda.

Rahasianya saat memasukkan sayuran seperti taoge langsung dicampurkan dengan mie sagu. Kemudian diaduk rata.

"Setelah mendidih diberikan garam, penyedap rasa dan bawang prei. Masak hingga mengeluarkan aroma khasnya, maka mi sagu basah siap untuk disajikan," katanya Minggu, 24 Maret 2019.

Juru masak kedai kopi ini serta warga Bengkalis meyakini dengan memakan mie sagu akan menangkal penyebab penyakit diabetes.

"Untuk mereka yang terkena diabetes sangat bagus jika makan mie sagu basah ini. Selain karena kadar gula yang rendah juga memiliki tekstur yang kenyal dan memang masakan khas kita orang Melayu, " tutupnya.