Aktual, Independen dan Terpercaya


Terdampar, Dua ABK Kapal Pengangkut Semen Tenggelam Ditemukan Selamat

Dua-ABK-Diselematkan-Warga.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/POLRES BENGKALISI)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pencarian tiga korban tenggelamnya Kapal pengangkut semen, KM Dharma Bahari Sumekar (DBS) 02 di perairan Kabupaten Bengkalis, tak jauh dari perairan Tanjung Jati, perbatasn dengan Dumai membuahkan hasil.

Pencarian dari pagi hingga sore tadi berhasil menemukan dua korban, Bakhtiar dan Busi Santotos dalam keadaan kondisi masih hidup alias selamat. Padahal sebelumnya dikabarkan dan nyatakan hilang.

"Laporan kita terima, dua korban saat ditemukan dalam kondisi terdampar di Pantai Tanjung Leban, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis," kata Kapolres AKBP Yusuf Ramanto, Minggu sore, 27 Januari 2019.

Ia menjelaskan, setelah petugas mendapatkan laporan dari masyarakat Tanjung Leban atas nama Ramli dan langsung menyisir TKP sekitar pukul 15.15 wib.

"Dua warga tersebut dijemput anggota Polsek Bukit Batu untuk dibawa ke Puskesmas Bukit Batu di Sungai Pakning guna mendapatkan perawatan. Sedangkan satu korban lagi atas nama Dasril belum diketemukan dan masih dilakukan pencarian," ungka Kapolres.

Minggu dinihari, Kapal Motor DBS 02 karam usai dihantam ombak setinggi tiga meter. Saat itu, kapten kapal langsung meminta seluruh kru untuk mengambi, jaket keselamatan dan dipasang pada tubuh masing-masing. 

Proses Evakuasi KM DBS 02 Tenggelam

 

Namun sayangnya, Kepala Kamar Mesin (KKM), Dasril, tak mengindakan perintah kapten kapal Abdul Haris, untuk menyelamatkan diri dengan mengenak jaket keselamatan serta menaiki perahu. Ia kemudian mengunci dirinya di kamar mesin. 

Hingga Minggu malam, pencarian dihentikan sementara waktu untuk dilanjutkan esok hari mencari Dasril. Karamnya KM DBS 02 ini dilaporkan Kepala Ops Tanjung Balai Karimun mengenai adanya kapal tenggelam di perairan Bengkalis sekitar pukul 01.45 WIB.