Aktual, Independen dan Terpercaya


Syamsuar: LAM Riau Harus Pikirkan Budaya Melayu bagi Generasi Milenial

Syamsuar-di-Masjid-An-Nur-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

Laporan: ADRIAS 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Gubernur Riau Terpilih, Syamsuar mengatakan, dengan majunya dunia digital saat ini bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosi petuah-petuah atau nasihat-nasihat orang tua.

Idealnya, melaui media online atau media sosial sehingga generasi muda (milenial) lebih gampang membaca budaya. Ia mengkhawatikan kemajuan teknologi saat ini membuat budaya tergerus oleh zaman.

Inilah yang menjadi tantangan besar bagi Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk melestarikan kebudayaan Riau kepada generasi penerus. 

"Sehingga mereka mampu memahami dan melestarikan budaya tersebut, tidak lepas dari apa berlaku dari kalangan islam sesuai dengan acuan sebagai orang melayu yakni adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah," kata Syamsuar usai acara pengukuhan pengurus LAMR Bengkalis, Senin, 7 Desember 2019 di bengkalis.

Bupati Siak ini menjelaskan, pepatah mengatakan, bangsa besar adalah bangsa mau menghargai budayanya. Namum, pertanyaannya apakah masyarakat saat ini bisa menghargai budayanya sendiri, jika tidak mengerti dengan budaya itu.

"Di zaman milenial sekarang ini, teknologi sudah sangat canggih, hampir semua kebutuhan hidup manusia tidak terlepas dengan namanya teknologi. Dikhawatirkan dengan kemajuan teknologi membuat budaya tergerus oleh zaman," kata Syamsuar.

Selanjutnya, zaman milenial sekarang ini hampir 51 persen anak-anak muda yang ada disemua daerah adalah generasi penerus.

"Artinya, kita jangan terpaku dengan budaya lama, budaya harus bisa menyesuaikan keinginaan anak-anak sekarang yang identik dengan dunia digital," kata Syamsuar

Disamping itu, Syamsuar juga memberi patuah kepada LAMR sebagai orang tua hendaknya juga harus memaklumi zaman yang kian maju (zaman digital).

"Kita jangan pura-pura tidak peduli terhadap anak-anak kita, tapi di era digital inilah kita sebagai orangtua manfaatkan sebaik mungkin mengajarkan mereka tentang budaya kita. Sehingga mereka tahu apa harus dipertahankan. Budaya daerah itu merupakan bagian dari budaya indonesia yang harus kita pelihara dengan baik," pungkas Syamsuar. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id