Kampanye di Medang Kampai Dumai, Syamsuar Janji Atasi Abrasi Pantai

Kampanye-Syamsuar-di-Dumai.jpg
(Effendi)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, DUMAI - Calon Gubernur Riau Nomor Urut 1 Syamsuar Msi melakukan Kampanye Dialogis di Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Minggu 11 Maret 2018.

Kedatangan Syamsuar disambut Warga Kecamatan Medang Kampai dengan iringan kompang dan silat tradisional.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Medang Kampai H Yoso menyampaikan, daerah pesisir Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai ini setiap tahunnya terjadi abrasi mencapai 5 hingga 7 meter.

"Oleh sebah itu, jika Pak Syamsuar duduk menjadi gubernur Riau agar bisa memperhatikan masalah abrasi ini," harapnya.

Apalagi, pantai yang abrasi ini adalah salah satu objek wisata bagi Kecamatan Medang Kampai yang harus dikembangkan nantinya.

Yoso mengaku, daerah abrasi ini, hanya beberapa meter saja tersentuh pembangunan oleh pemerintah saat ini.

"Maka sebab itu, kami dari masyarakat Kecamatan Medang Kampai siap memenangkan Syamsuar jika hal tersebut diwujudkan oleh Syamsuar," ujarnya.

Di samping itu, Yoso juga mengadukan tingginya angka pengangguran di Dumai. Putra-putri daerah tidak bisa masuk ke perusahaan yang beroperasi di Dumai ini.

"Tolonglah Pak Syam, jika bapak jadi gubernur bisa membantu dan mengatasi masalah ini. Selama ini, apa yang menjadi keluhan kami, tidak ada yang menanggapinya," sambungnya.

Terkait suara hari masyarakat tersebut, Syamsuar menyampaikan akan mengantasi persoalan abrasi tersebut jika nanti dipercaya menjadi gubernur Riau.

"Saya akan kembangkan objek wisata Kecamatan Medang kampai ini menjadi tujuan wisata nasional nantinya," ucap Syamsuar.

Terkait masalah tenaga kerja, kata Syamsuar, pihaknya akan berkerja sama dengan perusahaan dan memberi pelatihan kepada anak-anak dumai agar bisa memilik sertifikasi dan bisa berkerja di kilang-kilang yang ada di Dumai, sehingga tidak lagi menjadi pengagguran di negeri sendiri.(2)