Inilah Inovasi Camat Kandis, Irwan Kurniawan, dengan Program 10 Minutes Service Pelayanan

Camat-Kandis-Irwan-Kurniawan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI)

Laporan: EFFENDI 

RIAU ONLINE, SIAK - Inovasi pelayanan publik dilakukan Camat Kandis, Irwan Kurniawan mendapat apresiasi dari Bupati Siak Syamsuar. Saat peringatan HUT ke-18 Kabupaten Siak, Kamis, 12 Oktober 2017, Iwan menerima piagam penghargaan sebagai Camat Terbaik Pertama se-Kabupaten Siak dari Bupati Syamsuar.

Lalu apa inovasi yang dilakukan Camat akrab disapa dengan nama Iwan ini? Inovasinya berupa rekomendasi pelayanan dan perizinan bisa selesai dalam 10 menit atau disebut Program 10 Minutes Service.

"Program 10 minutes service itu terdiri dari 18 rekomendasi pelayanan dan 7 perizinan," kata Iwan kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Inovasi kedua dilakukan Camat Kandis ini adalah Program AJA atau Antar Jemput Akta, kerja sama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Siak.

Masyarakat yang mengurus akta kelahiran, akta nikah, dan akta kematian akan diantar langsung ke rumah pengaju atau bersangkutan.

"Bagi warga ingin mengurus akta, seperti akta lahir, akta nikah atau akta kematian, dapat menghubungi Kepala UPTD Disdukcapil Kandis bahkan dapat menghubungi saya langsung untuk di fasilitasi ke UPTD," tuturnya. 

Baca Juga: 

Bupati Siak Terima Penghargaan Inovasi Terbaik Dari Peresiden Jokowi

Siak Satu-Satunya Di Riau Terima Penghargaan Inovasi Di Sektor Pelayanan Publik

Kemudian Program Klinik Libur atau Klinik Gizi Buruk, kecamatan dan UPTD Puskesmas berkoordinasi bersama mengatasi jika menemukan gizi buruk.

Dalam memberikan pelayanan, Camat sebagai koordinator pelaksanaan pemerintahan Kecamatan, bekerja sama dengan instansi lain seperti Kantor Pelayanan Pajak Pelalawan, PLN, swasta dan perusahaan beroperasi di Kandis.

Selanjutnya, kata Iwan, kami punya program Kandis atau Kawasan Aksara Nasionalis Daerah Inti Sakai. Artinya, Kecamatan meminta kepada UPTD Pendidikan melakukan program khusus bagi masyarakat asli Kandis, Suku Sakai, yang belum bisa membaca dan menulis.

Ia menyadari, kekuatan kepemimpinan itu bukan pada seorang pemimpin, melainkan ada pada tim kerjanya, karena mereka yang punya energi. Mereka, jelasnya, diajak bekerja dan kemudian melakukan pembenahan secara bertahap.

"Program yang kami buat itu, sesuai dengan Visi Kecamatan Kandis, Terwujudnya Pelayanan Publik Terbaik dan Berkualitas di 
Kabupaten Siak dan Provinsi Riau tahun 2018," kata lulusan S2 Manajemen IPB itu.

Selain itu, Camat Sungai Mandau periode 2013-2016 memiliki jurus ampuh dalam bekerja. Jurus tersebut, disiplin totalitas dan maksimal, kemudian memahami karakter dari wilayah kerja serta sesuai dengan tupoksinya.

Irwan Kurniawan terlahir dari keluarga sederhana pada tanggal 10 Juni 1974. Ia memiliki istri, Lilis Suryani, selalu setia memberikan perhatian dan dukungan.

Tiga buah hatinya pun turut menjadi inspirasinya. Ketiganya, Bintang Cherilya Tsabitah Kurniawan, Annisa Ade Bintang Kurniawan dan Andina Najma Maliha Kurniawan. 

Dalam kesempatan itu, ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Upika Kandis, seluruh staf pegawai dan honorer di lingkungan Pemerintahan Kecamatan Kandis, anggota DPRD Dapil 4 Siak, tokoh agama, masyarakat, adat dan elemen masyarakat Kandis. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id