Aktual, Independen dan Terpercaya


Tour de Siak, Tak Hanya Olahraga Semata, Ada Wisata dan Industri Kreatif

tour-de-singkarak.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mulai esok hari, Senin, 17 Oktober 2016, Tour de Siak akan menghibur warga Kabupaten Siak dan Bengkalis. Diawali dengan Fun Bike, para pebalap sepeda berkeliling kota sambil dihibur kesenian rakyat sebelum berlaga lusanya, Selasa, 18 Oktober 2016.

 

Tour de Siak kali pertama diselenggarakan pada 2013 silam dan sudah diikuti tim-tim mancanegara. Di awal penyelenggaraannya terdapat 10 tim dari delapan negara, termasuk Indonesia adu kayuh siapa paling cepat menuju garis finish.

 

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Siak, Yan Pranajaya mengatakan, selain menarik tim-tim sepeda luar negeri untuk berkompetisi, juga diharapkan gaungnya mampu menarik sebanyak-banyakan wisatawan mancanegara dan lokal berkunjung ke negeri Istana tersebut.

 

Baca Juga: Asap Pekat, Bagaimana Tour de Siak?

 

"TDS akan memberikan efek domino dan menggairahkan ekonomi kreatif masyarakat di Siak, termasuk keinginan para investor berinvestasi di bidang parawisata di Siak khususnya, Riau umumnya. Menumbuhkembang semangat olahraga khususnya olahraga sepeda yang ramah lingkungan di Siak," kata Yan kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 16 Oktober 2016.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara TdS 2016 akan dimulai dengan Fun Bike, Pembukaan Lomba Fotografi, dan Pembukaan Pameran Bazar Ekonomi Kreatif.

 

"Penyelenggaraan event sport tourism Tour de Siak 2016 memberikan dampak ekonomi langsung (direct economic and tourism) kepada masyarakat juga mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Siak tahun lalu 105.883 wisatawan, terdiri dari 99.178 wisnus dan 6.705 wisman," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak tersebut. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline