Aktual, Independen dan Terpercaya

Eksistensi Pemuda Penting untuk Berkontribusi Membangun Daerah

Bupati-Rokan-Hilir-Suyatno-dan-Ketua-KNPI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPI-API - Tercapainya sebuah pembangunan merupakan kontribusi semua pihak tidak terkecuali ditopang dari peranan pemuda di daerah itu sendiri. 

 

"Peranan pemuda sangat penting, jadi tidak hanya pemerintah saja tetapi mereka juga harus bertanggungjawab terhadap kelangsungan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir," kata Bupati Rokan Hilir, Suyatno.

 

Menurutnya, harus diingat momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 membuatnya bangga, Pemuda Indonesia telah mengawali sebuah perubahan besar untuk negeri ini.

 

Sumpah Pemuda, tutur Bupati, merupakan momentum sejarah patut terus dikenang, pelajari, teladani dan spiritnya demi kebangkitan para pemuda-pemudi Indonesia khususnya di Rokan Hilir.

 

Pemkab Rohil juga memberikan apresiasi kepada para pemuda yang telah melakukan kegiatan positif berupa kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

"Banyak egiatan harus diperbuat di daerah ini, misal melakukan anjangsana dan lainnya, jadi kegiatan sosial kemasyarakatan itu sangat penting karena disitulah masyarakat nantinya menilai bahwa pemuda punya peranan yang aktif untuk membantu pemerintah dalam rangka memajukan daerah," tuturnya. 

 

Sementara itu, Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan menilai, pada hakikatnya momentum paling utama dari seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara adalah peringatan Hari Sumpah Pemuda.

 

Momentum ini, jelasnya, tak pernah mati dan tidak pernah surut spiritnya sampai kapanpun, karena pemuda akan tumbuh berkembang menjadi dewasa, menjadi matang.

 

Ia berharap kepada kaum pemuda tidak pernah luntur, karena ditangan mereka nantinya letak kemajuan bangsa dan negara. "Sebagaimana yang disampaikan Sukarno beri aku sepuluh pemuda dan aku akan goncang dunia, maka dari itu pemuda merupakan hal yang paling utama dari sendi-sendi bangsa ini," tuturnya.

 

Seluruh Organisasi Kepemudaan, jelasnya, harus bisa bergabung dan bahu-membahu membangun di segala bidang. Kembali Bupati Rokan Hilir H Suyatno mengharapkan agar para pemuda bisa menjadi bagian turut mengisi pembangunan di daerah dan memberikan kontribusi sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

 

Bupati Rohil Suyatno Serahkan Hadiah
Bupati Rokan Hilir H Suyatno Turut Mendukung Eksistensi Organisasi Kepemudaan.



Harus bersatu untuk membangun Rokan Hilir. Keberadaan dan peran kalangan pemuda, menurutnya, sangat penting dalam menentukan arah perjalanan dari pembangunan suatu daerah karena pemuda adalah pilar utama bangsa sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan.

 

Bupati juga meminta agar seluruh organisasi pemuda yang ada bisa menampilkan kerja keorganisasian lebih aktif lagi, pada akhirnya mampu mengerakkan semangat baru bagi para pemuda lainnya turut berkecimpung mengisi pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah sesuai dengan program-program yang ada.

 

"Kami imbau organisasi pemuda untuk lebih aktif lagi, mari kita bersatu bersama-sama menata Rokan Hilir menjadi lebih baik lagi," katanya.

 

Selain itu, Bupati Suyatno, mengajak kalangan pemuda untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di daerah dengan harapan dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Rohil sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat.

 

"Rohil ini memiliki banyak lokasi wisata salah satu paling terkenal yakni gugusan Pulau Jemur. Namun, belum ada satupun putra daerah yang memanfaatkanya. Seharusnya, lokasi wisata ini kita angkat, promosikan bersama-sama," katanya.

 

Untuk mempromosikan daerah, kata bupati, tidak lah begitu sulit. Misalnya bisa dilakukan dengan membuat sablon bergambarkan Pulau Jemur pada pakaian atau kaos. Atau pembuatan oleh-oleh khas Rokan Hilir kepada para wisatawan yang datang.

 

Bupati mengajak pemuda-pemuda daerah untuk turut ambil bagian dengan upaya promosi pariwisata daerah tersebut.

 

"Kami ajak turut menjadi pihak yang mempromosikan potensi daerah, misalnya dengan membuat kaos dengan ikon daerah seperti pulau Jemur, jembatan Pedamaran lain-lain," katanya.

 

Dukungan dari pemuda sangat diperlukan, cetusnya, apalagi pada masa kini peran serta pemuda sangat besar melalui lembaga maupun akses media komunikasi yang ada.

 

Sebagai pelaku maupun penerus pembangunan, diperlukan sinergitas dan kesiapan seluruh komponen pemuda dengan mengeksplorasi seluruh potensi dan kemampuan yang ada guna memastikan bahwa pemuda ada dan hadir dalam setiap moment perubahan.

 

Lebih dari itu, pemuda harus memiliki kemandirian baik dari segi pemikiran, tindakan dan keputusan masadepan yang bisa menjamin eksistensi dan keberadaanya dimasa yang akan datang, dengan mempersiapkan segala kemungkinan sebagai jawaban tantangan zaman yang dinamis dan transformatif dengan tetap berpegang teguh pada nilai nilai luhur kebangsaan.

 

Pemuda juga diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi seluruh negeri ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah segala potensi perekonomian yang ada, karena kemandirian dibidang ekonomi juga merupakan bagian integral dari cita cita pembangunan.

 

Wakil Ketua DPRD Rojil, Abdul Kosim
Elemen Pemuda Bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir Abdul Kosim di Bagansiapiapi.

 

Organisasi pemuda KNPI mendukung program pemerintah guna memajukan potensi pemuda sebagai aset bangsa untuk mengisi pembangunan. Hal ini ditegaskan ketua KNPI Rokan Hilir, Rudi Bintoro.

 

"Setelah dipercayakan mendapat amanah sebagai ketua KNPI tentunya kami segenap pengurus berkeinginan kuat untuk meningkatkan kualitas Kepemudaan dari berbagai aspek. Kami bertekad untuk memajukan organisasi kemasyaratan Pemuda yang ada terhimpun di dalam wadah KNPI serta meningkatkan kualitas para pemuda serta meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi," kata Rudi.

 

Ia menegaskan, siap mengajak seluruh pemuda memberikan karya terbaik untuk daerahnya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki. Melalui wadah KNPI, dia mengajak seluruh pemuda agar bisa berkiprah dan memberikan sumbangsih karya terbaik untuk bangsa melalui adanya pengabdian bagi daerah.

 

Selain itu, tutur Rudi Bintoro, KNPI mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir atas segala dukungan sehingga pelaksanaan Musda berjalan lancar, serta menyatakan kesiapannya untuk membangun kemitraan dengan pemerintah daerah. 

 

"Saya sampaikan terima kepada bupati atas segala support yang diberikan kepada kami, dan besar harapan kami agar KNPI bisa diterima dan mendapatkan tempat serta memiliki peran dalam segala aspek, dan kami siap menjadi mitra pemerintah dalam segala aspek tersebut," katanya.

 

Selaras dengan itu, Waakil Ketua DPRD Rokan Hilir, Abdul Kosim mengharapkan, pengurus KNPI Rokan Hilir dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap perkembangan di daerah khususnya untuk kegiatan yang berkaitan dengan kepemudaan.

 

"Kehadiran KNPI cukup penting untuk membangun negeri ini, maka diharapkan kontribusinya untuk bersama dengan pemkab membangun daerah terutama di bidang berkaitan dengan pemuda," ujar Abdul Kosim.

 

Untuk itu, ia meminta agar KNPI bisa membuat langkah konkrit dalam hal membantu pemerintah dalam bidang tersebut. Peran yang positif dapat dikembangkan oleh wadah organisasi pemuda terbesar di Indonesia.

 

Misalnya secara aktif meningkatkan pemahaman pemuda untuk tidak terlibat dengan narkoba, maka kedepan diharapkan pemuda dapat memberikan peran yang lebih besar untuk daerah.

 

Keberadaan KNPI harus dapat mewarnai perjalanan pembangunan di daerah tak tertutup kemungkinan tambahnya dari organisasi tersebut bakal lahir para calon pemimpin yang mampu memberikan kontribusi bagi bangsa. (Adv/Pemkab)