Aktual, Independen dan Terpercaya

Puncak WED di Siak Akan Jadi Ajang Penyerahan 390 Penghargaan Lingkungan

Wapres.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pada rangkaian puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) yang akan diselnggarakan di Kota Sri Indrapura, Provinsi Riau, Jumat, 22 Juli 2016, akan menjadi ajang penyerahan 390 penghargaan lingkungan hidup.

 

Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kota Istana itu akan di hadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama menteri kabinet. RI 2 akan menyerahkan sekitar 72 penghargaan bidang lingkungan hidup kepada 31 penerima di halaman Istana Siak, Asseraiyah Hasyimiah yang menjadi lokasi acara, yang terdiri dari penghargaan Kalpataru (10 penerima), penghargaan Nirwasita Tantra (8 penerima), penghargaan Adiwiyata Mandiri (23 penerima), serta penghargaan Adipura (Paripurna, Buwana dan Kirana).

 

Pada malam anugerah lingkungan hidup dan kehutanan 2016, Menteri LHK Siti Nurbaya akan menyerahkan sekitar 318 penghargaan lingkungan, yang terdiri dari 16 plakat Kalpataru, Adiwiyata Mandiri kepada 99 sekolah, Adipura kepada 200 penerima dan 3 trophy Nirwasita Tantra Award. Selain itu, juga akan diserahkan penghargaan lomba Wana Lestari dan apresiasi Wana Lestari.

 

Selain penyerahan berbagai penghargaan, juga akan dilakukan penandatanganan MoU tentang pengembangan pendidikan lingkungan hidup oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

Dalam kesempatan yang sama juga akan dilakukan penandatanganan sampul peringatan dan penandatanganan prasasti peresmian Taman Nasional Zamrud. Saat acara tersebut, Wapres JK akan didampingi Menteri LHK, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Gubernur Riau.

BACA JUGA: Jusuf Kalla Akan Jadi Wapres Kedua yang Kunjungi Istana Siak Setelah Bung Hatta

 

Wapres JK juga akan memimpin pelepasan benih ikan patin sebanyak 60 ribu ekor ke sungai Siak. Acara ini akan diikuti masyarakat yang berada di 300 sampan di sekitar lokasi restocking.

 

Rangkaian acara akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama tugu peringatan penyerahan kedaulatan Kesultanan Siak kepada Pemerintah Republik Indonesia di halaman gedung Tengku Mahratu, Kota Siak.

 

Di lokasi ini, Wapres didampingi Menteri kabinet akan meninjau Istana Siak, diawali dengan penanaman pohon di halaman Istana. Dilanjutkan dengan salat Jum'at.

 

Pada rangkaian acara WED, Menteri LHK yang bermalam di Siak, juga akan menggelar dialog terbuka bersama 'Siak Green Generation' yang kemudian dilanjutkan dengan aksi penanaman 5.000 pohon bersama pelajar. Dalam kesempatan ini, Menteri LHK juga akan menandatangani prasasti Siak Kabupaten Hijau dan meresmikan ruang terbuka hijau.

 

Sementara itu, terkait batalnya kehadiran Presiden Joko Widodo, disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya, tidak akan mempengaruhi jalannya rangkaian acara. Meski tidak dapat hadir di tengah masyarakat Riau, Presiden Jokowi kata Siti, tetap memberikan perhatian besar terhadap penyelenggaraan iven WED 2016 di Kota Siak Sri Indrapura.

 

"Beliau sudah berusaha untuk bisa hadir, bahkan sempat menggeser jadwal. Namun waktunya memang hampir bersamaan dengan puncak Hari Anak Nasional. Bapak Presiden tetap memberikan arahan-arahan dan pesan pada saya, sebelum menghadiri acara di Siak, Riau," kata Siti Nurbaya.

 

Hari ini, Kamis, 21 Juli 2016, Menteri Siti bersama jajaran KLHK telah memulai kunjungannya ke Siak. Hadir bersama Siti, Kepala Staff Presiden (KSP) Teten Masduki dan Kepala BRG Nazir Foead.(rls)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline