Aktual, Independen dan Terpercaya


Usai Status Siaga Darurat, Kepala BNPB Langsung Tinjau Riau

Pemadaman-Gunakan-Heli.jpg
(PENTAK LANUD ROESMIN NURJADIN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei melakukan kunjungan ke Riau. Kunjungannya bertujuan untuk melihat langsung kondisi lahan terbakar yang ada di Riau.

 

"Saya kesini untuk melihat kondisi langsung lahan yang ada di Dumai dan Pulau Rupat yang dilaporkan mengalami kebakaran lahan," ungkap Willem kepada wartawan, Selasa (8/3/2016).

 

Menurut Willem, Pemerintah Provindi Riau dan kabupaten kota sudah melakukan tugas pencegahan dengan sangat baik. "Kita akui memang ada kebakaran di sana, tapi itu sudah dipadamkan dengan baik oleh pemerintah dalam waktu yang cukup cepat," tegasnya.

BACA JUGA: Restorasi Lahan Gambut, Instruksi Presiden: Dahulukan Kepualauan Meranti

 

Kini bersama dengan Pangdam Bukit Barisan, Plt Gubernur Riau, Komandan Korem 031/ Wirabima serta Kepala BPBD dan BMKG, Willem melakukan tinjauan udara ke lokasi-lokasi yang memiliki tingkat kerawanan kebakaran yang cukup parah.

 

"Nanti usai kita melihat langsung lapangan, baru kita akan melakukan rapat koordinasi tentang apa saja yang harus dilakukan dan diambil oleh pemerintah," ujarnya.

KLIK JUGA: Atasi Kebakaran Lahan, BPBD Pinjam 2 Helikopter

 

Kedatangan Willem ke Riau merupakan tindak lanjut dari pemerintah pusat usai Riau sehari sebelumnya menaikkan status Siaga Darurat Karlahut.

 

"Dengan adanya status Siaga Darurat, pemerintah pusat dapat melakukan pendampingan dan bantuan kepada pemerintah daerah untuk menanggulanginya. Maka, pemda bisa dapat anggaran dan logistik lebih dari pemerintah pusat," jelasnya.

 

Silakan ikuti berita kebakaran hutan dan lahan dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline