Aktual, Independen dan Terpercaya


Tak Lakukan Pencegahan Karlahut, Danrem Ancam Copot Dandim

pemadaman-karhutla.jpg
RIAUONLINE.CO.ID/HUMAS POLDA RIAU
ILUSTRASI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjen TNI Nurendi mengancam tegas akan mencopot bawahannya yang berada di tingkat Kodim jika terbukti tak bisa melakukan pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah teritorialnya masing-masing.

 

Nurendi kesal dan berang karena belum terlalu lama pada akhir tahun 2015 lalu Riau dilanda bencana asap panjang, kini pada awal tahun 2016, pembakaran lahan kembali marak terjadi.

 

"Gara-gara ini seorang Pangdam Bukit Barisan harus turun ke bawah. Ini sebetulnya sangat kita sayangkan. Makanya saya akan tegaskan pada mereka yang ada di wilayah kodim untuk serius melakukan upaya pencegahan dan penangkapan terhadap para pelaku pembakar lahan. Jika tidak siap-siap saja saya akan mencopot jabatan Dandim mereka," ungkap Nurendi dengan nada ancaman pada seluruh peserta yang hadir di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (7/3/2016).

(BACA JUGA: Dianggap Tak Serius Cegah Karlahut, Dua Instansi Ini Dimarahi Pangdam)

 

Nurendi mengakui dirinya tak mau dicopot hanya karena Dandim yang ada di daerah tak mampu bekerja secara benar. "Sebelum Bapak Panglima Kodam (Pangdam) marah dan mencopot mereka semua, lebih baik saya duluan yang nyopot mereka. Karena jangan sampai beliau nyopot saya karena itu," ancamnya yang kemudian disambut dengan tepuk tangan dan gelak tawa.

 

Sementara itu kedatangan Pangdam Bukit Barisan, Mayjen Lodewyjk Pusung melakukan penijauan lokasi daerah rawan karlahut yang ada di Dumai yang kemarin mengalami kebakaran hebat.

 

"Saya akan meninjau lokasi kebakaran yang ada di Dumai. Nanti akan juga saya tinjau kesiapan personel serta jumlah yang ada di sana. Jika kurang akan kita tambah," tandasnya.

 

Silakan ikuti berita kebakaran hutan dan lahan dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline