Aktual, Independen dan Terpercaya


Panglima TNI Kerahkan Hercules Bantu Pemadaman Karhutla Riau

panglima-tni-hadi.jpg
(yan)

RIUONLINE, PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan akan mengerahkan satu unit pesawat Hercules untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hercules direncanakan akan membantu kekuatan pemadaman lewat udara dengan pengeboman bola air.

"Kita juga ada upaya-upaya untuk bisa memadamkan itu (Karhutla) dengan berbagai cara diantaranya dengan mengerahkan pesawat Hercules rencananya untuk melaksanakan pengeboman dengan menggunakan bola air," katanya, usai menggelar rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan, di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin, 12 Agustus 2019.

Pengerahan pesawat Hercules nantinya untuk memaksimalkan pemadaman yang dilakukan helikopter waterbombing yang hingga hari ini masih terus bekerja. Sulitnya jarak tempuh dan sumber air di banyak titik kebakaran lahan membuat tim darat kesulitan memadamkan api.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengaku telah menerima banyak laporan soal titik api hingga prakiraaan cuaca dari BMKG stasiun Pekanbaru, di mana sejumlah wilayah Riau akan dilanda musim kemarau hingga Oktober mendatang. Untuk itu, Satgas terus mengupayakan teknologi modifikaasi cuaca hujan buatan atau (TMC).

"Artinya mulai bulan ini sampai akhir Oktober itu memang mengalami suatu kekeringan," ujarnya.

Bukan hanya mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran lahan, Panglima TNI menyatakan turut mendukung penuh langkah-langkah kepolisian dalam penegakkan hukum untuk menangkap pelaku pembakar lahan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Tito Karnavian dan Menteri Siti Nurbaya mengunjungi Riau untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau. Bersama Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, dan Gubernur Riau Syamsuar ketiganya akan melakukan peninjauan lahan terbakar dan upaya pemadaman di Pelalawan, Selasa pagi.