BBKSDA Riau Pastikan Tak Temukan Jejak Harimau di Pemukiman

harimau.jpg
(Azhar Saputra)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memastikan tidak menemukan jejak kaki harimau sumatera yang sebelumnya viral di media sosial. Jejak itu disebutkan berada di pemukiman masyarakat Kelurahan Sungai Beringin, Indragiri Hilir, Riau.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan pihaknya telah menurunkan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) untuk memastikan temuan jejak tersebut.

"Begitu laporan masyarakat masuk ke respons center BBKSDA Riau, serta informasi dari pemberitaan online, kita langsung kerahkan Tim kelokasi, dan saat ini Tim sedang bekerja dilapangan," ujarnya, Senin, 12 Agustus 2019.


Dari pemeriksaan sementara yang dilakukan timnya dilapangan, pihaknya menyimpulkan jejak tersebut bukanlah jejak Harimau Sumatera seperti yang dikatakan warga.

"Berdasarkan pengamatan jejak dimaksud, untuk sementara kami menyimpulkan bahwa jejak atau tapak dimaksud bukan jejak kaki harimau Sumatera, tapi lebih cenderung pada jejak Tapir. Karena terlihat ada beberapa bagian tanah yg terbongkar seperti bekas endusan atau galian dari mulut Tapir yg mencari cacing, rayap atau umbi-umbian," jelasnya.

Meski begitu, Haryono mengatakan tim akan terus melakukan pemeriksaan lebih detil dan mendalam di lokasi tersebut.

"Diluar hasil dari pengamatan tersebut, Tim BBKSDA masih akan meneruskan observasi di lapangan dan mencari keterangan-keterangan dari masy disekitar," tutup Haryono. (**)