Usai Penetapan, Golkar Segera Tentukan Ketua DPRD Riau

Andi-Rachman-1.jpg
(Hasbullah)
RIAUONLINE, PEKANBARU - Usai dipastikan menjadi pemenang Pileg DPRD Riau, partai Golkar saat ini tengah menyiapkan nama calon ketua DPRD Riau untuk periode kerja 2019-2024 mendatang.
 
Ketua DPD I Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rachman, usai penetapan anggota DPRD Riau nanti, pihaknya akan langsung menggelar rapat guna menentukan siapa saja calon ketua DPRD Riau.
 
"Hampir semua ingin jadi ketua DPRD Riau, nanti segera kita lakukan kalau sudah penetapan," ujarnya, Jumat, 9 Agustus 2019.
 
Mantan Gubernur Riau ini mengakui, memang ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon ketua DPRD Riau sesuai ketentuan partai, namun ia enggan membuka apa saja kriterianya.
 
Dalam penunjukkan calon ketua, DPD I akan menggelar rapat bersama dan menunjuk tiga nama untuk diusulkan ke tingkat DPP dan selanjutkan seleksi dilakukan oleh DPP Golkar.
 
"Setelah dikirim ke DPP, akan dibahas di sana, dan kita di DPD tinggal menunggu hasilnya saja," tuturnya.
 
Untuk diketahui, Golkar memenangkan Pileg 2019 di DPRD Riau dengan perolehan kursi 11. Walaupun mengalami penurunan dari 14 kursi di Pileg 2014 lalu, Golkar masih unggul dibanding partai lain.
 
Adapun pemenang kedua ialah PDIP dengan perolehan 10 kursi, Demokrat 9 kursi, dan Gerindra 8 kursi.
 
Dengan begitu, Golkar dipastikan berhak mengisi kembali kursi ketua DPRD Riau.
 
Saat ini, ketua DPRD Riau dijabat oleh Septina Primawati Rusli. Istri Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal ini juga diprediksi kembali mengisi kursi tersebut.