Aktual, Independen dan Terpercaya


Karhutla, Pemkab Bengkalis Klaim Kualitas Udara Masih Aman

karhutla-bengkalis_1.jpg
(ist)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis menyebut kualitas udara wilayah Kabupaten Bengkalis masih aman dari bahaya ISPA.

Hal itu disampaikan Kepala BLH Kabupaten Bengkalis, Arman AA pasca kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah sekitaran Kabupaten Bengkalis.

"Hingga saat ini, dampak akibat karhutla terhadap asap di Kabupaten Bengkalis masih kategori aman," kata Arman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 2 Agustus 2019 via phone.

Meski diprediksikan aman, Arman menghimbau kepada warga di sekitaran wilayah berdampak untuk tetap waspada dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan, terutama kepada anak anak.

Sedangkan untuk wilayah daratan, lanjut Arman lagi. "Dari informasi yang kita terima, kualitas udara masih level sedang," teranya.

Pantauan sementara RIAUONLINE.CO.ID, pulau Bengkalis terdapat dua titik api terjadi sejak sepakan belakangan. Namun, hingga siang ini keadaan pulau Bengkalis terlihat cerah belum ada tanda kabut asap.

Sementara itu, Arman AA tidak menampik alat pemantau kualitas udara ISPU milik Pemkab Bengkalis mengalami kerusakan sejak lama, sehingga pihaknya tidak mengetahui secara pasti kualitas udaravyang terjadi.

"Sejak empat tahun terakhir ISPU di kantor kita dalam keadaan rusak, belum diperbaik. Untuk perbaikannya perlu anggaran yang cukup besar," pungkasnya.