Dewan Asal Bengkalis Harapkan Pemerintah Realisasikan Roro Rupat - Malaka

Solihin-Dahlan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PRKANBARU - Anggota DPRD Riau asal Bengkalis, Solihin Dakhlan, meminta pemerintah merealisasikan pelabuhan Roro dari pulau Rupat menuju Malaka agar menunjang perekonomian masyarakat Bengkalis.

Politisi PKB ini mengatakan, saat ini pelabuhan tersebut sudah ada namun belum bisa bergerak karena saat pembangunan dahulu Malaka belum menyiapkan pelabuhannya.

"Pelabuhannya dulu sudah ada kita bangun di sana periode 2009-2014 dulu, tapi terbengkalai karena waktu itu pelabuhan di Malaka belum siap," kata Solihin, Minggu, 28 Juli 2019.

Solihin berharap agar pelabuhan tersebut bisa segera dibenahi dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena selama ini masyarakat Rupat harus ke Dumai dahulu apabila ingin ke Malaka.

"Selama ini, kalau mau ke Malaka harus lewat Dumai dulu. Kan muter jadinya, kita berharapnya Roro Rupat - Malaka bisa dioperasikan segera," kata Solihin.

Apabila akses Rupat - Malaka sudah terbuka, Rupat sebagai pulau terluar Indonesia akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat, sehingga berdampak pada pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut diyakini Solihin karena jika jalur Rupat - Malaka sudah terbuka, maka Rupat akan menjadi perlintasan negara dan otomatis pemerintah pusat akan mengambil alih segala pembangunan.

"Kan tidak mungkin wilayah yang nantinya banyak tamu mancanegara melihat infrastruktur begitu, selain itu distribusi barang juga lebih mudah, dan dampaknya tentu ke perekonomian," ulasnya.

Disinggung mengenai apakah dirinya setuju jika dilakukan pembangunan jembatan yang menghubungkan Dumai dengan Rupat karena selama ini hanya lewat Roro.

"Jembatan Dumai - Rupat, bisa saja. Kalau itu memang direalisasikan, mungkin lebih hebat Jembatan Dumai-Rupat daripada Suramadu," tutupnya.