Aktual, Independen dan Terpercaya


Solusi Zonasi Sekolah, Swasta harus Tingkatkan Mutu

Wakil-Ketua-DPD-Demokrat-Riau-Aherson.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi V DPRD Riau membidangi pendidikan menghimbau kepada seluruh pemilik sekolah SMA swasta yang ada di provinsi Riau agar bisa meningkatkan kualitas pendidikannya.

Sebab, selama ini dipandangan masyarakat sekolah swasta kerap dijadikan sebagai tempat "penampungan" bagi siswa yang tidak lulus ke sekolah negeri.

Meskipun begitu, Ketua komisi V DPRD Riau Aherson, mengakui banyak juga sekolah swasta yang mutu pendidikannya lebih bagus ketimbang negeri namun hanya sedikit jumlahnya.

Dikatakan Aherson, apabila sekolah swasta di Riau memiliki mutu pendidikan yang jauh lebih baik dari negeri maka hal tersebut akan bisa menyelesaikan permasalahan zonasi sekolah yang tengah dihadapi masyarakat saat ini.

Pasalnya, apabila sekolah swasta memiliki mutu pendidikan tentu orang tua akan memilih sekolah tersebut, karena bagi orang tua yang memiliki uang berlebih lebih memilih sekolah swasta tersebut.

"Sekarang kan masa orang tua yang berduit malah masukkan anaknya ke negeri, kalau di negara maju tu sekolah swasta didominasi orang-orang kaya. Karena mereka mau mengeluarkan uang lebih untuk pendidikan," jelas politisi Demokrat ini, Senin, 15 Juli 2019.

DPRD, katanya, bisa saja menganggarkan pembangunan sekolah baru karena ada kekurangan di sekolah negeri. Namun, pihaknya tidak ingin nantinya sekolah swasta menjadi sepi.

"Ini kan seperti dua mata pisau jadinya, kalau kita tambah sekolah negeri, tak berkembang sekolah swasta. Makanya kita minta sekolah swasta ini pendidikannya harus lebih baik dari negeri untuk menarik orang tua yang berduit ini," tutupnya.