Aktual, Independen dan Terpercaya


Anak Anda Demam Setelah Bermain, Bisa Jadi Dehidrasi

anak-demam.jpg
(alodokter)

RIAUONLINE - Setelah bermain di luar ruangan seharian, tidak jarang kita merasakan suhu panas badan anak naik. Anak mengalami demam. Namun orangtua tidak perlu cemas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan awal pengobatan.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, Catharine M Sambo, menyarankan agar orangtua perlu memeriksa kecukupan air anak bila anak demam usai seharian bermain di luar rumah.

"Saat anak pulang setelah main seharian, periksa dulu, apakah dehidrasi atau tidak," tutur Catharine dalam acara diskusi "Pentingnya Bermain di Luar Ruangan" di Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019). Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Bila anak dehidrasi, salah satu tandanya demam. Selain itu, dehidrasi juga membuat anak minum banyak air. Jadi, lebih baik memberikan air anak minum terlebih dahulu daripada obat penurun panas.

"Tindakan pertama adalah banyak minum dulu. Dalam hal ini, anak demam karena dehidrasi," lanjut Catharine yang berpraktik di RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta.

Kompres dengan Air Hangat

Tahap selanjutnya, kompres anak dengan air hangat yang membantu menurunkan suhu tubuh.

"Untuk kenaikan suhu tubuh, kompres dengan air hangat. Penyebab anak demam setelah main di luar biasanya karena infeksi virus," kata Catharine.