Ini 7 Makanan Yang Bisa Buat Anda Berhenti Merokok

Ilustrasi-rokok.jpg
(net)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Walaupun sudah banyak peringatan akan bahaya merokok, nyatanya masih banyak jumlah perokok di Indonesia dan terus mengalami peningkatan.

Bahkan, jumlah perokok usia muda pun semakin bertambah, hal ini dibuktikan dari data terakhir Riset Kesehatan Dasar 2013 yang dikutip dari hellosehat, perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas berjumlah 58.750.592 orang.

Karena sifatnya yang membuat candu, tak heran sangat sulit untuk berhenti merokok walaupun segala cara telah dilakukan.

Untuk itu berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin berhenti merokok dengan mengkonsumsi 7 makanan berikut ini, seperti dikutip dari TunaiKita.

Berhenti merokok memang tidak mudah, karena terdapat kandungan nikotin yang memberikan efek candu dan senyawa lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

Dengan mengkonsumsi 7 makanan berikut ini, anda bisa mengurangi kecanduan Anda terhadap rokok:

1. Oat

Oat ternyata menjadi salah satu makanan yang sukses bagi para perokok untuk berhenti merokok. Tidak hanya untuk diet saja, namun menurut salah satu penelitian di Jepang membuktikan bahwa perokok akan mengurangi konsumsinya sebanyak 50 persen.

Nah, agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa meracik oat yang dicampur dengan dua mangkuk air rebus dan diamkan selama semalam. Kemudian Anda bisa memakannya setelah beberapa jam setelah makan.

2. Permen Karet


Anda bisa membuat mulut tetap sibuk dengan mengkonsumsi permen karet. Nah, agar tetap sehat Anda bisa pilih permen karet yang bebas gula.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan sebagainya. Karena banyak orang yang sangat gemar mengkonsumsi minuman tersebut bersamaan dengan rokok.

3. Air Mineral

Air mineral merupakan air yang paling sehat untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi air mineral bisa mengurangi rasa candu terhadap rokok. Selain itu, air mineral bisa menjadi salah satu minuman yang menenangkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi.

Anda bisa mulai dengan membawa satu botol air mineral kemanapun Anda pergi, khususnya saat ke tempat-tempat bebas rokok.

4. Susu

Yang dapat mengurangi kecanduan terhadap rokok yaitu susu. Studi yang dilakukan Dukes University, susu bisa membuat seseorang tidak bisa menikmati rokok dengan baik. Kebanyakan dari mereka mengeluh rasanya menjadi pahit. Hal ini juga berlaku pada produk sejenisnya seperti keju dan yogurt.

5. Jeruk

Sama halnya dengan oat, Anda juga harus rutin mengkonsumsi jeruk untuk mendapatkan hasil optimal.

Salah satu penelitian di Inggris membuktikkan hal ini bisa cukup efektif. Nyatanya, setelah 21 hari sebanyak 79 persen dari mereka sukses mengurangi rokok dan sisanya benar-benar berhenti merokok.

Dikonsumsi dengan cara dijus atau langsung, jeruk dipercaya dapat mengalihkan keinginan untuk merokok.

6. Makanan yang Mengandung Alkaline

Contoh makanan yang tinggi alkaline antara lain seperti bayam, alpukat, mentimun, paprika, dan brokoli.

Menurut spesialis pulmonary, David Daughtan dari Universitas Nebraska Medical, makanan tersebut dapat menahan nikotin agar tetap berskiluasi dalam darah. Hal tersebut bisa membuat seseorang mempertahankan tingkat kecanduannya. Maka dari itu, Anda akan terhindar menjadi perokok aktif lagi.

7. Wortel

Mengkonsumsi wortel dalam bentuk jus akan memberikan efek samping seperti susu. Rokok akan terasa mengerikan dan tidak senikmat biasanya. Selain itu, banyak mengkonsumsi wortel juga bisa membuat jantung tetap sehat.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Berhenti Merokok demi Kesehatan dan Keuangan