Terkesan Pasrah Hadapi Banjir, Warga Pekanbaru: Kami Sudah Terbiasa

banjir-pekanbaru-panam.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pasca diguyur hujan semalaman, sejumlah daerah di Pekanbaru tergenang air. Kondisi terparah tampak terjadi di kawasan kecamatan Tampan yang selalu menjadi langganan tetap banjir.

Berdasarkan pantauan RIAUONLINE, banjir menggenangi hampir seluruh wilayah Tampan, termasuk jalan HR Soebrantas yang merupakan jalan lintas dari Panam menuju kota.

Akibatnya, sejumlah pengendara motor memilih menepikan motornya karena khawatir motornya tak mampu menerobos genangan air yang ketinggiannya melebih ketinggian knalpot.

Kondisi ini sebenarnya bukan kali ini terjadi, namun beberapa hari yang lalu kondisi serupa terjadi hingga menyebabkan kemacetan karena banyaknya motor yang berhenti.

Genangan air tampak di sepanjang jalan HR Soebrantas dari Simpang Bangau Sakti sampai Simpang Pasar Pagi Arengka.

Salah seorang pengendara motor, Santi, mengatakan bahwa ia kerap mengalami hal seperti ini kalau sudah hujan lebat semalaman, dan berharap Pemerintah peka terhadap persoalan ini.

"Kami udah biasa gini, kalah hujan deras malam atau subuh. Paginya pasti tergenang, tapi nanti siang udah surut lagi kok," ujarnya, Selasa, 18 Juni 2019.

Genangan air tak hanya terjadi di jalan besar saja, namun juga terjadi di kawasan dalam Tampan, seperti jalan Suka Karya, Cipta Karya, Taman Karya dan lainnya.

Di Cipta Karya ujung misalnya, tepatnya jalan Datuk Tunggul di mana kondisi banjir sudah mencapai lutut orang dewasa dan sudah menganggu aktivitas masyarakat yang berada di sana.