Pacu Perahu Naga Akan Meriahkan Ulang Tahun Kota Pekanbaru

Pacu-Sampan-di-Kampar.jpg

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke-235.

"Dalam rangka hari jadi ke-235 Pekanbaru, akan ada banyak kegiatan. Di antaranya Dragon Boat Festival pada tanggal 21-23 Juni di Sungai Siak. Pesertanya 470 orang dan ada juga peserta dari Malaysia," kata Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin usai rapat membahas persiapan HUT ke-235 Pekanbaru.

Selain itu, jaga akan dibuka festival kuliner berupa taman kopi yang ditempatkan di Taman Integritas Pekanbaru pada 28 sampai 30 Juni.

"Kita minta barista-barista buka di jalan, yang punya kopi legend juga turut serta. Pencinta kopi di Indonesia silakan datang. Kita sudah minta pengusaha kopi aceh dan mereka mau. Juga kita minta barista dari kafe dan hotel demonstrasi buka kopi di jalan," sebut Zulhelmi.

Adapun puncak perayaan HUT Pekanbaru yaitu pada Minggu malam, 30 Juni 2019. Pada pagi harinya akan digelar kegiatan lomba lari bertajuk "Pekanbaru Run" untuk berbagai tingkatan usia.

Kata Zulhelmi, pada perayaan HUT Pekanbaru tahun ini tidak memakai dana APBD lantaran keterbatasan anggaran Pemko Pekanbaru.

"Kita mendapatkan sponsor dari luar Pemko. Kegiatan ini atas partisipasi pengusaha dan donatur di Pekanbaru," imbuhnya.

Zulhelmi menuturkan, perayaan semarak HUT Pekanbaru juga diadakan di tingkat kecamatan, dimulai dari Kecamatan Tampan pada tanggal 16 Juni.

"Di Kecamatan Tampan besok ada kegitan jalan santai, senam bersama, dan lomba masak untuk warga. Akan ada doorprize dengan 40 hadiah, salah satunya televisi. Intinya kegiatan yang seru-seru," kata Zulhelmi.

Selain itu, akan ada paket promo di restoran-restoran. Lalu ada lomba panjat tebing di pinggir Sungai Siak, pacu kuda endurance di Wisata Dakwah Okura, dan pelbagai hiburan pada malam puncak.

"Dan dari Bapenda Pekanbaru kita buat program penghapusan denda pajak, sanksi denda kita hapuskan sampai akhir juli," kata Zulhelmi.