Aktual, Independen dan Terpercaya


Tingkat Kecelakaan meningkat, Arus Mudik Tetap Dinilai Kondusif

kapolda-riau-widodo.jpg
(sigit)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

RIAUONLINE, PEKANBARU - Musim mudik lebaran telah usai begitupun dengan operasi pengamanan mudik Ketupat Muara Takus 2019. Ditlantas Polda Riau mencatat adanya peningkatan jumlah lakalantas. Meski demikian secara umum Kepolisian Daerah Riau menilai musim mudik kali ini relatif kondusif.

"Alhamdulillah evaluasi operasi ketupat Muara Takus 2019 sudah berakhir tanggal 10 kemarin dengan hasil secara umum berjalan kondusif. Hanya memang ada peningkatan angka kecelakaan lalu lintas. Hal ini akan kita evaluasi di rakor selanjutnya" ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo pada Kamis, 13 Juni 2019.

Sepanjang arus mudik dan arus balik lebaran 2019 diketahui terjadi 24 kasus kecelakaan dengan setidaknya 16 korban meninggal dan 7 luka berat dan 33 luka ringan dengan kerugian materil mencapai 187 juta rupiah .

Angka kecelakaan tersebut meningkat dari tahun 2018 di mana terjadi 23 kasus kecelakaan dengan 8 orang meninggal dunia, 22 luka berat dan 12 luka ringan.

Selain angka kecelakaan yang meningkat, Kapolda Riau menjelaskan bahwa tidak terjadi kejahatan spesifik selama operasi ketupat tahun ini. "Secara spesifik tidak ada kejahatan konvensional seperti street crime sepanjang mudik lebaran," tutupnya.