Aktual, Independen dan Terpercaya


508 ASN Riau Membolos Usai Lebaran, Gubernur Syamsuar Lapor Menpan RB

salaman-lebaran.jpg
(Hasbullah)

508 ASN Riau Membolos Usai Lebaran, Syamsuar Lapor Menpan RB

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 508 aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau dilaporkan bolos pada hari pertama kerja usai cuti lebaran 2019, Senin, 10 Juni 2019. Gubernur Riau Syamsuar mengaku akan melaporkan temuan pegawai bolos tersebut kepada Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB).

"Sebagai kepala daerah, kami diminta melaporkan ke Menpan RB," kata Syamsuar usai apel pagi, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin, 10 Juni 2019.

Dari data yang dihimpun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, pegawai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbanyak yang tidak hadir yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau sebanyak 51 orang, disusul, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) 47 orang, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) 40 orang dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak 33 orang. Sisanya tersebar di 43 OPD lainnya di lingkungan Pemprov Riau.

Sebagaimana perintah Menpan RB kata dia, pemerintah daerah diminta untuk melaporkan ASN yang alpa pada hari pertama. Pemda menyerahkan sepenuhnya kepada Menpan RB terkait sanksi yang bakal diberikan kepada ASN bolos.

"Apakah sanksinya berupa teguran tertulis atau seperti apa, nanti kita lihat," ujarnya.

Menurut Syamsuar, banyaknya ASN yang tidak hadir pada hari pertama kerja usai lebaran ini menjadi evaluasi terhadap kepala dinas masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Riau. Sebab dia menambahkan, tidak ada alasan bagi ASN untuk tidak hadir pada hari pertama ngantor setelah cuti lebaran cukup lama yang berlangsung sejak 1 hingga 9 Juni 2019.

"Kecuali karena sakit," ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pegawai negeri di Pemprov Riau sebanyak 8041 orang, jumlah pegawai yang hadir sebanyak 7543 orang atau 93,69 persen, sementara yang tidak hadir sebanyak 508 orang atau 6,74 persen.