Pelabuhan Bengkalis Mulai Dipadati Pemudik Dari Malaysia

pemudik-pelabuhan.jpg
(Andrias)

Laporan: ANDRIAS


RIAUONLINE, BENGKALIS - Lonjakan kedatangan penumpang dari Malaysia terjadi di Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis pada arus mudik lebaran H-5 Idul Fitri 1440 H.

Dinas Perhubungan Bengkalis menambah satu armada kapal roro.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Perhubungan, Kabupaten Bengkalis, Zul Asri saat memantau lonjakan arus mudik Lebaran 2019 di wilayah Bengkalis.

"Untuk kedatangan sudah terjadi peningkatan sejak kemarin (rabu,red). biasanya hanya 3 kapal sudah menjadi lonjakan menjadi 7 trip kapal yang tiba dan berangkat dari Malaysia ke Bengkalis," kata Zul Asri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 30 Mei 2019 petang.

Diakui Zul Asri, penumpang yang datang dari Malaysia berasal dari Malaka dan Muar itu didominasi oleh pemudik yang selama ini bekerja di Malaysia. Tidak sedikit juga, mereka yang datang berkunjungan ke keluarga karena sudah menetap tinggal di Malaysia.

"Rata-rata satu kapal mengangkut 120 sampai 130 penumpang, dan itu kebanyakan penumpang yang masuk dari malaysia ke Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru. Kalau untuk keberangkatan masih normal seperti hari sebelumnya," ucap Zul Asri.

Pun demikian, mantan Kabag Humas Sekretaris DPRD Bengkalis ini memprediksi akan terjadi lonjakan jumlah penumpang yang datang dari Malaysia ke Bengkalis pada H-2 hingga puncak hari H ke depan.

"Untuk saat ini, selama kita juga melakukan patroli di sana belum ada kendala dan masih aman. Namun, mengantisipasi gejolak kepadatan penumpang kita bekerjasama dengan instansi terkait dan sudah menyediakan posko pengamanan tersedia di pelabuhan internasinal tersebut," ujarnya.

Dishub Sediakan 5 Unit Kapal Roro, Penyeberangan Roro Bengkalis-Pakning Masih Normal

Guna memberikan kenyamanan arus mudik tahun 2019 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis menambah satu kapal Roro sehingga jumlah jumlah kapal sudah disiapkan sebanyak lima unit untuk melayani pemudik Lebaran Idul Fitri 1440 H.

"Diperkirakan kapal tambahan satu unit ini sudah bisa beroperasi besok. Artinya, sebanyak lima unit sudah kita siapkan untuk melayani arus mudik lebaran 2019 tahun ini," kata Sekretaris Dinas Perhubungan, Kabupaten Bengkalis, Zul Asri.

Dijelaskanya Zul Asri, seperti hari biasanya kapal yang beroperasi tetap empat kapal dan satu kapal tambahan stanby disiagakan mengantisipasi jika sewaktu ada kerusakan kapal lainnya sehingga tidak terjadi kendala dalam pelayanan.

"Untuk pelabuhan Roro Bengkalis, Air Putih hingga saat ini belum terjadi lonjakan, hanya di pelabuhan Selari Pakning tujuan Bengkalis sedikit sudah mulai ramai oleh penumpang. Di mana Masyarakat perantau sudah mulai pulang ke kampung halamanya bengkalis," pungkas Zul Asri mengakhiri.