Mudik, Dewan Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kordias-Pasaribu.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu mengingatkan kepada seluruh masyarakat Riau agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi saat sedang melaksanakan mudik lebaran.

Politisi PDIP ini mengatakan, antisipasi ini seperti ini tidak hanya dilakukan saat lebaran ini saja, namun juga dilakukan setiap pergelaran hari besar.

Sebab, Pekanbaru merupakan wilayah rantau yang biasanya akan ditinggalkan masyarakatnya untuk bersilaturahmi ke kampung halaman.

"Saran kita, lebaran ini tetap harus disadari bahwa kewaspadaan itu perlu, mulai dari mempersiapkan kendaraan di bengkel, mencari informasi jalur rusak dan macet, semua ini sudah di siapkan jauh-jauh hari," ujar Kordias, Rabu, 29 Mei 2019.

Tak hanya itu, masyarakat diminta agar bisa mempercayakan dan menitipkan rumahnya kepada tetangga yang tidak mudik pada tahun ini, karena biasanya banyak maling yang akan beraksi di momen seperti ini.

"Biasanya yang punya penyakit maling ini, kambuhnya saat-saat seperti ini, makanya harus didata juga siapa tetangga yang stand bye di rumah," tuturnya.

Kemudian, para pemudik harus memperhatikan apa-apa saja yang berpotensi menimbulkan api, seperti colokan dan kompor memasak.

"Itu lah yang harus diingat oleh pemudik," tutupnya