Aktual, Independen dan Terpercaya


Peringati Nuzulul Quran, YLPI Riau Undang Anak Yatim

YLPI-RIau.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Keluarga besar Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Pekanbaru menggelar acara buka bersama sekaligus peringatan Nuzulul Qur'an di aula kantor YLPI Riau, Rabu, 22 Mei 2019.

Yayasan yang berada di Kampus UIR ini juga turut mengundang anak-anak yatim piatu dari panti asuhan Nurul Ilmi.

Dalam kesempatan itu, hadir Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, WR 3 UIR serta segenap Organ YLPI beserta guru guru serta kepala sekolah yang ada di lingkungan YLPI Riau.

Sedangkan mantan rektor UIN Suska Riau, Prof.Dr..H. Munzir Hitami, MA yang berkesempatan memberikan tausiyahnya kepada para hadirin, mengatakan bahwa bahwa Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril, dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

"Turunnya di malam yang mulia, ialah malam Laitul qadar. Saat itu Alquran turun untuk membenahi segala persoalan yang terjadi di kehidupan bangsa Arab," ujar Munzir.

Munzir melanjutkan, kehidupan sebelum turunnya Al-Qur'an penuh dengan kejahilan. Bukan karena orang-orangnya yang tidak memiliki kepandaian dalam segala hal, namun karena perilaku dan kebiasaan saja.

“Mereka pandai dalam berdagang. Namun mereka lakukan berbagai macam cara demi mendapatkan keuntungan lebih, meskipun itu membuat pembeli rugi besar. Hal seperti inilah maka disebut mereka sebagai bangsa jahiliah, atau bangsa yang bodoh,’’ terangnya.

Oleh sebab itu lanjutnya, Alquran turun sebagai cahaya di tengah kegelapan kehidupan pada saat itu, meski penuh pertentangan, Nabi Muhammad terus bersikukuh dalam menjaga Alquran ini.

Acara diakhiri dengan memberikan santunan kepada anak anak yatim dari Panti Asuhan Nurul Ilmi.