Geser Rusli Effendi, Mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal Melenggang ke Senayan

Syamsurizal-Zaini-Ismail.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Politisi senior PPP yang juga mantan calon wakil Gubernur Riau Rusli Effendi kembali mengalami kegagalan ketiga kalinya di Pemilu, pasalnya dirinya dipastikan gagal melaju ke DPR RI.

Ketua DPW PPP Riau Mursini mengatakan, berdasarkan perhitungan real count, bisa diambil kesimpulan bahwa PPP mengalami kenaikan kursi di tingkat DPR RI.

"Yang membanggakan kita pada Pileg 2019 ini, DPR RI yang semula kita pasang target dua kursi, ternyata dapat satu kursi. Ini ada penambahan, karena 2014 lalu kita nol kursi untuk DPR RI," kata Mursini, Selasa, 21 Mei 2019.

Kursi tersebut, diyakini Mursini tidak diisi oleh Rusli Effendi, namun akan diisi oleh mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal.


"Kemungkinan pak Syam," singkatnya.

Sementara itu, berdasarkan pleno kabupaten Riau, di ketahui bahwa Rusli Effendi hanya mendapat suara sebanyak 27 .575 di dapil Riau 1 meliputi Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Dumai, Rohil, Rohul dan Pekanbaru.

Sedangkan Syamsurizal berhasil meraih suara cukup jauh yakni sebanyak 42.743 suara, di mana ketokohannya masih berpengaruh di sekitar Bengkalis terbukti dengan tingginya perolehan suara Syamsurizal.

Untuk diketahui, Rusli Effendi pernah menjabat sebagai anggota DPRD Riau periode 2009-2014, namun tahun 2014 dirinya gagal melaju ke DPR RI karena PPP tidak mendapatkan jatah kursi

Usai gagal dari Pemilu 2014, Rusli Effendi yang merupakan salah seorang petinggi DPP PPP memutuskan ikut dalam pertarungan Pilgubri bersama Walikota Pekanbaru, Firdaus dengan perahu Demokrat-PPP.

Kala itu, Firdaus - Rusli harus mengakui kekalahan Syamsuar dan Edy Natar Nasution yang menang di 10 kabupaten kota di provinsi Riau.