Aktual, Independen dan Terpercaya


Gantikan Noviwaldy, Asri Auzar Segera Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Riau

Asri-Auzar.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Usai penantian selama dua bulan, Ketua DPD Demokrat Riau Asri Auzar akhirnya segera dilantik menjadi salah satu unsur pimpinan di DPRD Riau, yakni kursi Wakil Ketua DPRD Riau yang sebelumnya dipegang oleh koleganya Noviwaldy Jusman.

Kepastian pergantian posisi ini dipastikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, dikatakan Sunaryo pihaknya sudah menerima langsung surat keputusan dari Kemendagri terkait pergantian ini.

Terkait jadwal pelantikan Asri Auzar, Sunaryo yang juga merupakan Banmus DPRD Riau ini mengatakan bahwa pelantikan nanti dilakukan oleh Pengadilan Tinggi kemungkinan pada Kamis depan.

"Yang melantik nanti Pengadilan Tinggi, kita hanya penyelenggara saja, persiapan sudah oke, jadwalnya mungkin Kamis depan," kata Sunaryo, Senin, 20 Mei 2019.

Karena dilakukan oleh Pengadilan Tinggi, Sunaryo menambahkan apabila nantiny tidak dijumpai waktu yang tepat, maka jadwal tersebut bisa saja di geser.

Namun, yang pasti surat keputusan sudah diterima DPRD Riau, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa Noviwaldy Jusman harus meninggalkan kursi pimpinan DPRD Riau yang dipegangnya sejak 2014 lalu.

"Sesuai tatib yang ada. Nantinya setelah pak Asri dilantik, pak Dedet nanti akan menyesuaikan di komisi yang ditinggalkan pak Asri," tukasnya.

Untuk diketahui, Ketua DPRD Riau Septina Primawati mengatakan proses penggantian posisi Wakil Ketua DPRD Riau dari Noviwaldy Jusman kepada Asri Auzar masih menunggu SK dari Mendagri.

Politisi Golkar ini menjelaskan, tugas DPRD Riau sebenarnya sudah tuntas dengan menggelar paripurna membahas pergantian posisi ini dan selanjutnya mengirimkan surat ke Pemprov Riau.

"Surat kan sudah kita buat setelah Paripurna, kemudian kita kirim ke Pemprov," ujar Septina, Jumat, 3 Mei 2019.

Dari Pemprov, sambung Septina, surat tersebut akan dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menuggu SK dari Mendagri terkait pergantian jabatan di DPRD Riau.