Lebaran, BI Siapkan Rp 5 Triliun Uang Layak Edar di Riau

BI-2.jpg
(Mala)

Laporan: FATMA KUMALA

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H, Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Riau telah menyiapkan uang layak edar sebesar Rp5 triliun. Nilai tersebut meningkat dari total penarikan uang selama lebaran tahun lalu yakni Rp4,7 triliun.


Menurut Kepala BI KPW Riau, Decymuz, angka tersebut dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat selama libur lebaran.


“Total Rp5 triliun uang yang kami siapkan selama libur lebaran. Angka itu sudah termasuk penukaran uang dan kebutuhan lainnya. Kalau tahun lalu itu total penarikan ada Rp4,7 triliun. Baik dari bank maupun ATM. Jadi Rp5 triliun di tahun ini sudah cukup,” kata Decymuz, Sabtu 18 Mei 2019.


Dalam hal ini Decymuz juga menghimbau kepada masyarakat untuk terus berhati-hati terhadap peredaran uang palsu. Di momen seperti ini peredaran uang palsu juga ramai. Untuk itu, perlu terus meningkatkan kewaspadaan.


“Khususnya itu warung-warung kecil dan malam hari. Biasanya pengedar uang palsu beraksi di malam hari, karena tingkat kewaspadaan orang lemah. Jadi terus pakai 3D, Dilihat, Diraba, Diterawang,” pungkasnya.


Khusus untuk masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dengan uang baru, BI telah menyediakan posko penukaran uang di halaman Kantor Gubernur Riau pada tanggal 20-25 Mei 2019. Layanan penukaran uang ini juga berlangsung di 6 kabupaten di Riau.