Ramadan, PSMTI Gelar Donor Darah

donor-darah-psmti.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau kembali menyelenggarakan kegiatan rutin setiap tahunnya yakni donor darah setiap bulan ramadhan di sekretariat PSMTI, Jalan Setia Budhi.

Ketua PSMTI Riau Peng Suyoto mengatakan, kegiatan ini memang menjadi rutinitas bagi paguyubannya karena bulan ramadhan adalah masa di mana Palang Merah Indonesia (PMI) kekurangan stok darah.

"Saudara kita yang muslim di bulan Ramadhan ini kan tidak bisa mendonorkan darah karena harus beribadah puasa, sehingga stok darah berkurang, makanya kami menggelar ini," kata Peng, Minggu, 12 Mei 2019.

Kegiatan ini, jelas Peng, merupakan instruksi dari PSMTI tingkat pusat yang meminta seluruh PSMTI yang ada di Indonesia berkoordinasi dengan PMI setempat agar membuat kegiatan donor darah.

"Kita di imbau oleh PSMTI Indonesia sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan ini dilakukan serentak walaupun harinya tidak sama karena kan tidak semua daerah ada PMI," tuturnya.

Peng menambahkan, kegiatan ini bisa saja dilakukan rutin namun hal tersebut tidak mendapat rekomendasi dari PMI mengingat usia darah tidak bisa bertahan lama.

"PMI juga tidak mau banyak darah yang bisa sampai 1000 kantong, karena cepat rusak. Jadi mereka butuh 200-300 saja kantong saja, saat mulai krisis baru kita gelar donor darah," tutupnya.

Adapun berdasarkan pantauan RIAUONLINE, kegiatan ini disambut antusias oleh sejumlah masyarakat sekitar baik dari kalangan Tionghoa maupun bukan Tionghoa.

Panitia juga menyiapkan sejumlah makanan dan minuman yang bisa dijadikan sebagai suplemen bagi calon pendonor.