UTBK Gelombang I Telah Usai, Gelombang II di Mulai 11 Mei 2019

UTBK.jpg
(Humas UR)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I yang dimulai sejak 13 April hingga 5 Mei 2019 sudah selesai dilaksanakan. Pengumuman hasil UTBK Gelombang I ini, dapat dilihat pada webside melalui alamat https://pengumuman-utbk-ltmpt.ac.id/. Bagi peserta yang tidak tercantum nomor pesertanya, berarti tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SBMPTN. Demikian yang disampaikan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Riau (Unri), Azhar Kasymi SH di ruang kerjanya, Jumat (10/5/2019).


Lanjutnya, hasil tes UTBK tersebut digunakan dan menjadi syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dimulai pada tanggal 10-24 Juni 2019 nanti. Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman  https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara, Pertama, mengisi biodata kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019. Kedua, memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Program Studi (Prodi) dengan ketentuan pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua Program Studi dalam satu PTN atau dua PTN. Ketiga, mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih Program Studi bidang seni dan olahraga.


“Untuk Pelaksanaan UTBK 2019 gelombang II ini, akan dilaksanakan pada tanggal 11-26 Mei 2019, dan untuk peserta Tuna Netra waktu ujian yang tersedia hanya pada tanggal 25 Mei 2019 Pagi pukul 07.30-11.45 WIB pada ruang khusus. Sedangkan untuk pengumuman hasil UTBK 2019 paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK,” terang Azhar.


Dalam kesempatan lain, Wakil Rektor Bidang Akademik Unri, Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan pengelolaan pelaksanaan UTBK diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sehingga penyelenggaraan seleksi masuk PTN dapat dilakukan dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, M Nur menghimbau kepada para peserta agar dapat mencermati waktu pelaksanaan ujian, tanggal, dan jam pelaksanaan UTBK yang tertera di kartu ujian.


“Kami himbau agar peserta seleksi dapat mencermati waktu pelaksanaan ujian, tanggal, dan jam pelaksanaan UTBK yang tertera di kartu ujian, agar dapat mengetahui pada disesi satu atau sesi dua pelaksanaan UTBK,” ujar M Nur.


“Peserta harus segera mengetahui dimana lokasi pelaksanaan ujian mereka masing-masing. Setelah itu, peserta dapat melihat letak lokasi sebelum tanggal pelaksanaan ujian agar dapat berjalan dengan lancar pada saat jadwal yang ditentukan, sehingga peserta nantinya tidak mengalami kendala yang berarti pada saat akan ke lokasi ujian,” kata M Nur.


“Selain itu, peserta harus mencermati berbagai petunjuk yang tertera di kartu ujian, misalnya barang atau perlengkapan apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa pada saat ujian. Panitia telah mempersiapkan segala keperluan ujian dengan baik, dari segi teknis maupun non-teknis,” jelas Guru Besar di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unri ini menyampaikan. (rls)