Ramadan Pertama Mati Lampu Merata di Bengkalis, Ini Penjelasan PLN

Listrik.jpg
(INTERNET)

Laporan: ANDRIAS

 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Manager Unit Layanan Pelanggarn ULP Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bengkalis, Hasdedy mangakui padamnya listrik malam Ramadhan pertama kemarin dikarenakan ada gangguan pada jaringan utama PLN Bengkalis.

Ganguan listrik itu dikarenakan ada warga di Desa pangkalan Batang melakukan penebangan pokok kayu, sehingga sempat terjadi listrik padam menjelang magrib kemarin di wilayah Pulau Bengkalis.

"Pokok kayu yang ditebang ini menimpa jaringan utama kita, sehingga terjadi pemadaman total karena peristiwa ini," kata Hasdedy, kepada RIAUONLINE.COM Senin 6 Mei 2019.

Ditambahkan Hasdedy, Padamnya listrik diwilayah Pulau Bengkalis, terjadi Minggu 5 Mei 2019 sore kemarin berlangsung secara merata lebih kurang selama satu jam.

Syukurnya tambah dia, tidak ada warga yang tersengat listrik karena kejadian ini. Saat kejadian sistem secara cepat melakukan pemadaman secara otomatis.

"Penyebab utama padamnya listrik karena gangguan jaringan tersebut. kemudian coupling pada panel mesin bekerja memblok dan mematikan mesin otomatis seluruhnya. Alat proteksi menunjukkan besar dan tingkat bahaya yang tinggi dari gangguan ini sehingga mesin dipaksa berhenti oleh proteksi panel," jelasnya.

Setelah gangguan dijumpai semua panel mesin di reset kembali. Baru kemudian bisa normal, sehingga membutuhkan waktu agak lama saat menghidupkan kemabali jaringan.

"Memang proteksi harus bekerja demikian, karna listrik tak bisa diajak main-main, nyawa jadi taruhannya," kata dia.

Dengan kejadian ini pihaknya berharap, kedepannya tidak ada lagi warga yg nebang pokok kayu atau pohon dekat jaringan listrik tanpa koordinasi PLN. "Kembali kami imbau kepada masyarakat agar jangan menebang pokok kayu yang sudah mendekati jaringan listrik, laporkan ke PLN biar petugas teknik yang bantu untuk menebang," kata dia.

Untuk penebangan tersebut gratis, tidak minta imbalan apapun. Yang perlu masyarakat ingat bahaya listrik itu kehilangan nyawa akibatnya minimal cacat.

Selain membantu masyarakat dalam menebang pohon yang sudah menganggu jaringan PLN, Sebenarnya PLN Bengkalis memiliki beberapa titik rawan pohon yang bisa menganngu jaringan.

"Sebenarnya kita sudah ada memetakan titik rawan pokok kayu yang menganggu jaringan. Hanya masih banyak pemilik pokok kayu ini belum ikhlas pohonnya di tebang, terutama pokok durian. Jadi kita menunggu kesedian pemilik pohon untuk ini," tambahnya.