Aktual, Independen dan Terpercaya


PLN Perkenalkan Kompor Induksi, Apa Kelebihannya?

kompor-induksi.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kompor induksi berenergi listrik sebagai sumber energi panasnya berhasil menarik perhatian dalam kegiatan lomba memasak bersama Dharma Wanita.

Termasuk mendapatkan perhatian dari Gubernur Riau, Syamsuar. Dirinya kagum dengan panas yang dihasilkan dari kompor yang mendapatkan energi dari energi tersebut.

"Kompor ini sangat cepat memanaskan penggorengan yang tadi. Padahal permukaannya dingin," sebutnya, Jumat, 26 April 2019.

Menurut General Manager PT PLN UIW dan WRKR, M Irwansyah Putra bahwa kompor induksi tersebut merupakan hasil karya anak bangsa.


"Keuntungannya lebih murah, aman ramah lingkungan terutama penggunaannya dilakukan oleh anak-anak karena permukaanya tidak panas," imbuh Irwansyah.

Selain itu tidak menghasilkan emisi berbahaya sehingga aman untuk digunakan.

"Suhunya juga sangat mudah diatur dan konsisten. Kompor induksi menginduksi peralatan masak yang digunakan, bukan kompornya. Sehingga pemanasannya lebih cepat," ujarnya.

Yang lebih penting lagi hemat. Jika menggunakan gas untuk memasak 10 liter air akan menghabiskan biaya Rp 2 ribuan. Sedangkan kompor induksi hanya menghabiskan biaya Rp 1.400an.