Kadis PUPR Riau Janji Akhir April Ini Ratusan Baut Jembatan Sudah Terpasang

Dadang-Eko-Purwanto.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, puluhan baut yang dicuri dari Jembatan Marhum Bukit atau Siak IV, segera kembali diremajakan. 

Menurutnya, pengerjaan ini diperkirakan tidak akan membutuhkan waktu lama. 

"Kami telah memesan baut tersebut secepat mungkin. Maksimal diakhir bulan ini sudah terpasang kembali," kata Dadang, Kamis, 18 April 2019.

Baut yang raib dicuri berjenis M-24. Artinya, baut tersebut berdiameter 24 mm dengan jumlah hilang berkisar 40-50 baut. Dari setiap satu kelompok baut terdiri dari 90 buah, hilang delapan hingga 14.

 

Pemerintah Provinsi Riau mengatakan tetap membuka akses dari dan menuju Jembatan Marhum Bukit kini keberadaannya cukup memprihatinkan. Baut-baut yang terpasang dicuri orang tidak bertanggung jawab setelah jembatan diresmikan, Kamis, 14 Februari 2019. 

"Kita tidak menutup jembatan. Tidak ada penutupan. Kita sudah cek dan masih layak bagi pengendara," tutur Pengendali Kegiatan Pembangunan Jembatan Siak IV Dinas PUPR, Maisar Damri, Senin, 15 April 2019.

Sebelumnya, selama dua pekan ini, masyarakat Pekanbaru dihebohkan dengan hilangnya ratusan baut Jembatan Siak IV atau Jembatan Marhum Bukit. Padahal, jmebatan tersebut baru saja diresmikan oleh Gubernur Riau, Wan Thmarin Hasyim, diujung kepemimpinannya. 

Diperkirakan ratusan baut hilang dari tempatnya usai dicuri. Sayangnya, jembatan masih dalam tanggung jawab kontraktor, tak ada dijaga oleh aparat kepolisian. Akibatnya, baut-baut leluasa dicuri orang.