Aktual, Independen dan Terpercaya


Daya Ingat Menurun, Inilah 4 Cara Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

scrubble.jpg
(Int)

RIAUONLINE - Seiring bertambahnya usia dianggap lumrah juga menurunkan kondisi tubuh. Tidak hanya itu, daya ingat dan memori pun ikut menurun karena kerja otak yang semakin melambat. Namun ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Inilah empat cara mempertajam ingatan Anda seperti dikutip dari Health pada Senin, 15 April 2019.

1. Tidur yang cukup

Studi dalam jurnal Learning and Memory menyarankan untuk tidur setidaknya enam jam bila Anda ada ujian.

Peneliti membuktikan bahwa tidur membantu otak mengingat dan menorganisir informasi dengan baik. Pastikanlah Anda mendapatkan istirahat dengan waktu yang cukup.

2. Konsumsi kacang

Kacang mengandung magnesium, mineral yang dapat meningkatkan memori jangka pendek maupun jangka panjang.

Penelitian dari MIT dan Universitas Tsinghua menunjukkan bahwa magnesium meningkatkan fungsi hubungan antar sel otak. Anda dapat menjadikan kacang sebagai camilan sehari-hari.


3. Konsumsi blueberry

Blueberry membantu proses kerja otak. Sebuah studi dalam jurnal Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa kandungan antosianin yakni antioksidan yang menciptakan warna biru pada blueberry dapat menurunkan risiko penurunan memori.


4. Scrabble

Anda dapat melatih otak Anda dengan bermain scrabble. Permainan ini memiliki manfaat untuk mencegah penurunan memori. Sebuah studi dalam jurnal Neurology menemukan bahwa permainan scrabble melatih kemampuan otak dalam merangkai kata dapat meningkatkan ingatan seseorang.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: 4 Cara Pertajam Otak dan Cegah Pikun yang Gampang Sekali Anda Lakukan