Aktual, Independen dan Terpercaya


Antusias WNI di Amerika Memilih Presiden dan Wakil Rakyat

wni-AS.jpg
((Foto: VOA))

RIAUONLINE - Warga Negara Indonesia (WNI) di Ameriksa Serikat telah menggunakan hak pilihnya memilih legislatif dan presiden pada Pemilu serentak yang digelar Sabtu kemarin.

Diperkirakan ada lebih dari 45.000 pemilih terdaftar di seluruh AS. Selain lewat TPS, sebagian dari mereka juga telah memilih lewat pos atau kotak suara keliling. Penghitungan suara akan dilakukan pada 17 April berbarengan dengan penghitungan di Indonesia.

Di ibu kota AS, Washington DC, pemungutan suara diadakan di kediaman Duta Besar RI atau yang biasa disebut Wisma Indonesia. Di wilayah sekitar Washington DC, terdapat sekitar 2.500 pemilih terdaftar. Banyak di antara mereka memilih langsung di TPS – ini ditandai dengan panjangnya antrean untuk mencoblos.

Berbeda dari pemilu sebelumnya, tahun ini pemilu di Washington DC juga diramaikan dengan panggung gembira dan bazar yang menjual makanan Indonesia.

Menurut pantauan VOA di Washington DC, meskipun sempat terjadi sejumlah kendala administratif seperti pemilih yang lupa membawa formulir atau identitas, namun secara umum pemungutan suara berlangsung lancar.

Antusiasme pemilih juga terlihat di New York pada Sabtu. Antrian terjadi hingga ke luar gedung KJRI. Di wilayah kerja New York dan sekitarnya, terdapat lebih dari 11.500 pemilih terdaftar.
Di Houston, Texas pemungutan suara dipusatkan di gedung KJRI. Di wilayah ini, daftar pemilih tetap diketahui sebanyak lebih dari 6.000. Mereka yang mencoblos langsung di TPS juga dihibur dengan bazaar yang menjual makanan serta pakaian.

Artikel ini lebih dulu tayang di VOAIndoneia dengan judul: WNI di AS Memilih Secara Serentak