Soal Temuan Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Kalau Benar Laporkan Saja ke Bawaslu

Ilustrasi-coblosan-pemilu.jpg
(internet)

RIAUONLINE - Calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi menanggapi temuan surat tercoblos di Malaysia. Dalam temuan itu, surat suara pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin telah tercoblos.

Capres nomor urut oi Joko Widodo meminta temuan tersebut dicek terlebih dahulu kebenarannya. Menurut dia, apabila kabar pencoblosan surat suara itu benar, harus dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Ya dicek sajalah, kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu," kata Jokowi usai berkampanye di Hote Bumi Wiyata Kota Depok Jawa Barat, Kamis (11/4/2019).

Jokowi menegaskan, proses perhitungan surat suara baik di dalam atau luar negeri baru akan dilakukan pada 17 April. Untuk itu, dia meminta agar hal tersebut tak diangkat menjadi isu.


"Mekanismenya jelas kok, nggak usah diangkat isu-isu yang nggak jelas. Perhitungan surat suara itu dilakukan nanti pada tanggal 17 (April). Mekanisme itu harus tahu. Nanti juga penghitungannya berjenjang. Jadi jangan sampai ada yang ngomong curang, curang, dihitung juga belum," jelas dia.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku akan mendalami video viral soal surat suara tercoblos di Malaysia. Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan pihaknya tengah mengecek kebenaran informasi video viral di Malaysia.

"Kami sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya ke Pokja panitia pemilihan luar negeri (PPLN)," kata Ilham dalam keterangan tertulis, Kamis (11/4/2019).

Sementara Komisioner Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Fritz Edward Siregar membenarkan video tersebut. Dia menegaskan hal tersebut bukan hoaks. Karenanya, Bawaslu mendesak KPU untuk mengevaluasi proses pemungutan suara di Malaysia.

"Benar, Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu dan kami well informed. Kami meminta KPU melakukan evaluasi kinerja. Sebab terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar," tegas Fritz ketika dikonfirmasi wartawan, hari ini.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Jokowi: Laporkan Saja ke Bawaslu