Aktual, Independen dan Terpercaya


Permabudi Resmi Dikukuhkan, Ketum: Jangan Merasa Kecil Sebagai Minoritas

Permabudi-riau.jpg
(Imelda)

PEKANBARU RIAUONLINE - Pengurus Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Riau resmi dikukuhkan, oleh Ketua Umum Permabudhi, Ir Arif Harsono MM MPdb,di Novotel, Jalan Riau, Sabtu (6/4/2019).

Acara dihadiriAsisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie mewakili Gubernur Riau, kemudian dari Forkopimda Riau, dan para tamu dan ratusan undangan lainnya.

Ketua Umum Permabudhi, Ir Arif Harsono MM MPdb mengatakan, hingga saat ini sudah terbentuk 22 Permabudhi di Indonesia dan dalam waktu dekat akan dibentuk daerah lainnya, seperti Papua, NTT dan pada Mei di Kalteng dan Kalsel.

Ia juga mengatakan, pihaknya sangat bangga atas program yang sudah dilaksanakan Permabudhi Riau, tanpa memandang suku, agama dan hal lainnya dan berharap dapat terus berjalan.Ia juga bangga atas Riau yang bisa dijadikan model masyarakatnya yang damai dan rukun.
"Hampir tidak ada konflik perbedaan Dan ini bisa dijadikan contoh bagi provinsi lainnya,"ujarnya.

Sementara yang paling penting ia juga mengharapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui UKM, sehingga Permabudhi Riau bisa membuat program yang bisa mengembangkan UKM yang membantu kesejahteraan masyarakat.

Ia mengimbau umat Buddha untuk tidak merasa kecil sebagai minoritas, tetapi tetaplah tumbuh dan berkembang diantara masyarakat dan bangsa. Permabudhi juga harus menjadi jembatan komunikasi tidak saja untuk sesama umat Buddha di Riau, tetapi jembatan bagi komunikasi antar umat dan kepada pemerintah.

Pada kesempatan itu, Arif juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko widodo soal merawat perbedaan bahwa Presiden sudah mengamanatkan dan mengingatkan agar tetap merawat dan memelihara Kebhinekaan.

Oleh sebab itu,dalam hal pesta Demokrasi yang tinggal hitungan hari,Arif mengimbau umat Buddha Provinsi Riau menjaga ketenangan Pemilu dan memilih sesuai hati nurani. "Dan percaya bahwa pihak keamanan TNI dan Polri sudah siap mengamankan pesta Demokrasi ini,"imbaunya.

Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie selain mengucapkan selamat, dan menyambut baik kegiatan tersebut berharap, Permabudhi Riau bisa terus bersinergi lebih baik kedepannya.

Disamping itu ia mengimbau agar Permabudhi juga bisa bekerja sama dengan lembaga keagamaan lainnya dalam melakukan berbagai kegiatan sosial, serta dala m upaya peningkatan kesejahteraan di Riau.

"Semoga kita dapat terus bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat, dalam menjaga kedamaian dan agar kedamaian ini dapat terus kita pertahankan,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Permabudhi Provinsi Riau, Kurniadi juga memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan Pemabudhi Riau. Selain sebagai tempat ibadah, majelis Permabudhi juga melakukan aksi sosial, dan juga melayani masyarakat umum melalui sekolah umum.

Pelayanan dilakukan hingga ke daerah-daerah pelosok seperti Rupat, Sinaboi dan lainnya. Demikian juga dalam pembangunan pendidikan. Hingga kini sekolah umum yang dibangun Permabudhi Riau terbangun di Bengkalis, Tembilahan, Pekanbaru, dan lainnya.

"Jumlahnya akan terus bertambah kedepannya. Dan itu adalah komitmen kami," kata Kurniadi.

Ia juga mengatakan, pihaknya juga mendukung pelaksanaan pemerintahan, salah satunya menyelenggarakan nikah massal, yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 4 ribu pasang.(imelda)